[HOAKS] Menkeu Sri Mulyani dan Ahok Berhasil Meringkus Orang Besar di Istana Negara

Hoaks Menkeu dan Ahok meringkus petinggi Istana Negara. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di platform Youtube. Video ini mengeklaim Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil meringkus orangbesar di Istana Negara.


Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (7/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil meringkus orang besar di Istana Negara. Thumbnail video menampilkan gambar Menkeu Sri Mulyani, Ahok, dan pejabat tinggi lainnya. Dalam narasi menyebutkan “KABAR MENGGEMPARKAN. AHOK KEMBALI GEGERKAN PUBLIK. BERHASIL R1NGKUS ORANG BESAR ISTANA INI”.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, thumbnail video yang ditampilkan merupakan hasil suntingan dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu.


Selain itu, narator hanya membacakan narasi yang termuat di laman artikel finance.detik.com berjudul “Ada 14 Temuan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah, Ini Kata Sri Mulyani” yang dirilis pada 26 Mei 2024 dan artikel dari sinarlampung.co berjudul “Lagi, BPK Ketahuan Peras Pejabat Minta Rp10 Miliar ke PT Waskita” yang dirilis pada 26 Mei 2024. Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi kredibel terkait Menkeu Sri Mulyani dan Ahok berhasil meringkus orang besar di Istana Negara sebagaimana klaim video yang beredar.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/06/04/salah-sri-mulyani-dan-ahok-berhasil-ringkus-orang-besar-istana/

– https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7358449/ada-14-temuan-bpk-atas-laporan-keuangan-pemerintah-ini-kata-sri-mulyani

– https://sinarlampung.co/lagi-bpk-ketahuan-peras-pejabat-minta-rp10-miliar-ke-pt-waskita/. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *