[HOAKS] Menhan Prabowo Murka akibat Jadi Korban Kebijakan Presiden Jokowi

Hoaks soal Menhan Prabowo Subianto murka karena menjadi korban kebijakan Presiden Jokowi. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks diunggah di platform Youtube. Dalam video tersebut mengeklaim jika Menteri Pertahanan (Manhan), Prabowo Subianto murka karena menjadi korban kebijakan Presiden Jokowi.

Dikutip dari laman Kominfo, Minggu (9/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto murka akibat jadi korban kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Thumbnail video menampilkan gambar Presiden Jokowi, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka serta narasi “KABAR MENGGEMPARKAN. PRABOWO JADI TUMBAL JOKOWI. PRABOWO MURKA AKIBAT DI JEBAK JOKOWI”.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, thumbnail video yang ditampilkan merupakan hasil suntingan dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi tersebut. Narator dalam video tersebut hanya membacakan narasi yang termuat di laman artikel tribunnews.com berjudul “UKT Batal Naik, Muncul Tapera, Berikut Penjelasannya” yang dirilis pada 28 Mei 2024.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/06/06/salah-prabowo-murka-akibat-jadi-korban-kebijakan-jokowi/

– https://www.tribunnews.com/nasional/2024/05/28/ukt-batal-naik-muncul-tapera-berikut-penjelasannya. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar