[HOAKS] Membersihkan Karang Gigi dan Putihkan Gigi dengan Campuran Bubuk Kopi

Hoaks membersihkan gigi dengan bubuk kopi. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Hoaks kali ini muncul dalam sebuah unggahan di media sosial Facebook. Unggahan tersebut berisi konten reels yang menyertakan narasi membersihkan gigi kuning tanpa karang gigi dengan campuran pasta gigi dan satu sendok teh bubuk kopi, garam, dan perasan jeruk nipis.


Dikutip dari laman Kominfo, Jumat (28/6/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang berisikan konten reels dengan narasi “gigi kuning kembali putih bersih tanpa karang gigi dengan cara ini”. Dalam video tersebut narator menjelaskan caranya yaitu campurkan pasta gigi dengan satu sendok teh bubuk kopi, sedikit garam dapur, dan perasan jeruk nipis kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu aplikasikan ke gigi.

Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari tempo.co, dokter gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Budi Yanto menyebut membersihkan karang gigi dengan menggunakan campuran odol, garam, asam dan bubuk kopi tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Penggunaan tanpa ada aturan yang jelas, dikhawatirkan justru akan menghilangkan lapisan email, karena ada unsur asam dalam racikan tersebut.


Hal tersebut sejalan dengan Cleveland Clinic yang menyebut, cara terbaik untuk membersihkan karang gigi adalah dengan menemui dokter gigi atau ahli kesehatan. Menghilangkan karang gigi tanpa dokter gigi justru dapat merusak gigi dan membuat lebih rentan terhadap gigi berlubang dan masalah lainnya.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/2965/keliru-klaim-membersihkan-karang-gigi-dan-putihkan-gigi-dengan-campuran-bubuk-kopi

– https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/25102-tartar. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *