[HOAKS] Megawati Soekarnoputri Menyerahkan Tumpeng ke Presiden Joko Widodo sebagai Tanda Bersatu Dukung Ganjar Pranowo

Hoaks Megawati menyerahkan tumpeng kepada Presiden Jokowi sebagai tanda dukungan kepada capres Ganjar Pranowo. (Foto: Dok Kemenkominfo)

Sukoharjonews.com – Ragam hoaks politik bersliweran di dunia maya. Salah satunya video hoaks ini yang diunggah di media sosial Facebook. Hoaks tersebut mengeklaim Megawati Soekarnoputri menyerahkan tumpeng kepada Presiden Jokowi. Uniknya, tumpeng itu disebut sebagai tanda untuk mendukung capres Ganjar Pranowo.

Dilansir dari laman Kemenkominfo, Senin (11/12/2023), berikut ini faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Megawati Soekarnoputri menyerahkan tumpeng ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai tanda untuk mendukung calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, gambar yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang menerima tumpeng dari Megawati merupakan kejadian saat pembukaan rapat pimpinan nasional PDIP pada 21 Juni 2022.

Sementara narator dalam video tersebut membahas soal hubungan Presiden Jokowi dan Ganjar. Hingga kini tidak ditemukan informasi valid mengenai kabar yang beredar.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/09/141400182/-hoaks-megawati-serahkan-tumpeng-ke-jokowi-bersatu-dukung-ganjar. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar