[HOAKS] Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Mencabut Ijazah S1 Gibran Rakabuming Raka

Hoaks terkait Kemendikbudristek mencabut oijazah cawapres Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok Kemenkominfo)

Sukoharjonews.com – Lagi, konten hoaks terkait ijazah cawapres Gibran Rakabuming Raka beredar di media sosial Facebook. Dalam unggahan tersebut mengeklaim Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset danTeknologi (Kemendikbudristek) mencabut ijazah Gibran.

Dilansir dari laman Kemenkominfo, Senin (27/11/2023), berikut ini faktanya:

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencabut ijazah S1 Gibran Rakabuming Raka. Unggahan tersebut bertuliskan “KEMENDIKBUD CABUT IJAZAH GIBRAN”.

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa Kemendikbudristek mencabut ijazah S1 Gibran adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan, Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek Profesor Nizam mengatakan bahwa Gibran sudah memiliki ijazah yang asli dari Management Development Institute of Singapore (MDIS).

Kampus tersebut pernah bekerja sama dengan University of Bradford, Inggris. Sehingga, pada ijazah Gibran tertulis keterangan bahwa ia lulus dari University of Bradford. Hingga kini tidak ditemukan bukti bahwa Kemendikbud Ristek mencabut ijazah Gibran.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/24/150500682/-hoaks-kemendikbud-cabut-ijazah-gibran?page=all#page2. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar