[HOAKS] Kapal Feri Berisikan Pengungsi Rohingya sedang Menuju Indonesia

Hoaks kedatangan pengungsi Rohingya menggunakan kapal feri. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Keberadaan pengungsi Rohingya masih memicu prokontra. Bahkan, pengungsi Rohingya inipun sering jadi bahan penyebaran hoaks. Seperti sebuah video yang beredar di TikTok yangmenunjukkan sebuah kapal feri berisisan pengungsi Rohingya dalam perjalanan menuju Indonesia.

Dilansir dari laman Kominfo, Senin(1/1/2024), berikut ini faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video di media sosial TikTok yang diklaim menunjukkan sebuah kapal feri yang berisikan pengungsi Rohingya sedang dalam perjalanan menuju Indonesia.

Faktanya, video yang diklaim menunjukkan kapal feri berisikan pengungsi Rohingya dalam perjalanan menuju Indonesia adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, teridentifikasi bahwa nama kapal itu adalah “Tasrif 3”, sesuai dengan tulisan dalam bahasa Bengali yang tertera pada badan kapal.

Video serupa telah dibagikan di YouTube pada 1 November 2020 dan menunjukkan kapal Tasrif 3, angkutan air Bangladesh yang melayani rute Dhaka-Batua.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/29/164000282/-hoaks-kapal-feri-berisi-pengungsi-rohingya-menuju-indonesia. (*)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar