[HOAKS] ITB Imbau Tidak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Dingin karena Berisiko bagi Jantung

Hoaks ITB imbau tidak mengonsumsi makanan dan minuman dingin karena berisiko bagi jantung. (Foto: Dok Komdigi)

Sukoharjonews.com – Sebuah hoaks beredar melalui pesan berantai di Whatsapp. Pesan ini mengeklaim jika Institul Teknologi Bandung (ITB) mengimbau soal semua makanan dan minuman dingin dapat beresiko bagi jantung. Pesan menyertakan sejumlah gejala dan diagnosa awal mengenai penyakit jantung.

Dikutip dari laman Komdigi, Sabtu (26/10/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar pesan berantai di media sosial WhatsApp yang memberikan klaim bahwa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengimbau bahwa semua makanan dan minuman dingin dapat beresiko bagi jantung. Pesan tersebut disertai berbagai gejala dan diagnosa awal mengenai penyakit jantung.

Faktanya, dilansir dari cekfakta.tempo.co, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D dan Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto menjelaskan bahwa ITB tidak pernah mengeluarkan rilis terkait hal tersebut.

Keterangan lebih lanjut yang disampaikan Dokter Residen Kardiologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) dr. Rizky Ais menjelaskan bahwa penyakit jantung lebih dipengaruhi oleh jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi serta kondisi fisik seseorang.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/3186/keliru-itb-imbau-tidak-mengkonsumsi-makanan-dan-minuman-dingin-karena-berisiko-bagi-jantung. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *