[HOAKS] Garam Bukan Penyebab Hipertensi

Hoaks garam bukan penyebab hipertensi. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah hoaks diunggah di media sosial Facebook. Unggahan ini berisi konten reels yang mengeklaim jika mengonsumsi garam bukan termasuk penyebab hipertensi.

Dikutip dari laman Kominfo, Rabu (11/9/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang berisikan konten reels dengan klaim mengonsumsi garam bukan termasuk penyebab hipertensi atau darah tinggi.

Faktanya, klaim mengonsumsi garam bukan merupakan faktor penyebab hipertensi adalah klaim keliru. Dilansir dari tempo.co, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Andi Khomeini Takdir mengatakan garam aman dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Namun akan merugikan bila mengkonsumsinya melebihi kebutuhan tubuh. Kebutuhan garam manusia rata-rata 3.500mg/hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui situs resminya p2ptm.kemkes.go.id, menjelaskan bahwa konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan tingginya kadar natrium dalam sel, sehingga mengganggu keseimbangan cairan. Hal itu yang membuat cairan masuk ke pembuluh darah, mempersempit pembuluh darah arteri, dan terjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi, bahkan bisa mengarah ke serangan jantung atau stroke.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://cekfakta.tempo.co/fakta/3105/menyesatkan-narasi-yang-mengatakan-garam-bukan-penyebab-hipertensi

– https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/47/apa-pengaruh-konsumsi-garam-berlebih-terhadap-penyakit-tidak-menular. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *