[HOAKS] Foto Peresmian Mal Pertama di IKN

Hoaks foto peresmian mal Pertama di IKN. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah hoaks beredar di Facebook. Dalam unggahan tersebut menampilkan foto bangunan bernuansa putih dan terlihat pada foto tersebut. Foto itu diklaim sebagai peresmian mal pertama di IKN. Foto diunggah pada 9 Agustus 2024.


Dikutip dari laman Kominfo, Senin (2/9/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan menampilkan beberapa foto bangunan bernuansa putih dan terlihat pada foto tersebut. Foto unggahan tersebut diklaim merupakan peresmian mal pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Unggahan tersebut diunggah pada 9 Agustus 2024 pukul 09.40.

Faktanya, Dilansir dari turnbackhoax.id Setelah ditelusuri menggunakan Yandex ditemukan beberapa foto yang mirip dengan ke 3 foto yang menampilkan bagian dalam bangunan pada unggahan tersebut. Pertama, foto yang mirip ditemukan pada situs alamy.com, jika dibandingkan bentuk atap pada bangunan memiliki desain struktur yang sama. Bukan hanya desain atap, kesamaan juga terdapat pada bangunan yang ada di samping eskalator.


Berdasarkan keterangan pada situs tersebut, foto bangunan tersebut merupakan stasiun bawah tanah di Shenzhen, Cina. Kemudian gambar yang identik terdapat juga dalam artikel finace.detik.com berjudul “Futuristik! Atap di Stasiun Bawah Tanah Ini Mirip Black Hole” yang diunggah pada Senin 31 Oktober 2022 pukul 21.00 WIB. Dalam artikel tersebut terdapat beberapa foto yang mirip juga dengan unggahan Facebook. Foto tersebut merupakan foto stasiun kereta bawah tanah di Shenzhen.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/08/26/salah-foto-mall-pertama-di-ikn/

– https://www.alamy.com/shenzhen-china-april-3-2024-shenzhen-metro-transit-modern-architecture-in-public-transport-underground-station-gangxia-north-in-shenzhen-china-image606211896.html

– https://www.alamy.com/shenzhen-china-april-3-2024-shenzhen-metro-modern-architecture-in-public-transport-underground-station-gangxia-north-portrait-format-in-shenzhen-image605583660.html

– https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-6379965/futuristik-atap-di-stasiun-bawah-tanah-ini-mirip-black-hole/2. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *