Hati-hati! Ternyata Makanan Ini Dapat Membuat Anda Dehidrasi

Makanan yang dapat sebabkan dehidrasi. (Foto: bola)

Sukoharjonews.com – Ketika berbicara tentang hidrasi, kita sering berpikir tentang minuman, mengasosiasikan hidrasi dengan minuman, dan dehidrasi dengan ketidakhadirannya. Namun tahukah Anda bahwa selain air dan cairan, makanan yang kita makan juga berperan penting dalam dehidrasi tubuh kita?

Makanan tertentu, seperti semangka, mentimun, stroberi, paprika, dan lainnya, membantu menghidrasi kita. Namun, beberapa kelompok makanan dapat menimbulkan efek sebaliknya, sehingga menyebabkan dehidrasi. Hidrasi sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk pencernaan, kesehatan usus, detoksifikasi, dan pengiriman oksigen. Penasaran makanan apa saja yang bisa membuat Anda semakin dehidrasi? Dikutip dari The Statesman, pada Rabu (21/2/2024), inilah makanan yang dapat buat Anda dehidrasi:

1. Makanan Tinggi Sodium
Pernahkah Anda merasakan keinginan untuk menghabiskan sebotol air setelah menikmati makanan Cina yang lezat? Masakan Cina seringkali mengandung kadar natrium yang tinggi karena banyaknya saus yang digunakan. Konsumsi garam yang berlebihan menyebabkan konsentrasi natrium dalam aliran darah sehingga mengganggu keseimbangan pH.

Akibatnya, tubuh mengambil air dari sel untuk menjaga keseimbangan sehingga menyebabkan rasa haus dan dehidrasi. Mengonsumsi makanan asin secara konsisten juga dapat meningkatkan kadar tekanan darah. Makanan olahan seperti keripik juga tinggi natrium, sehingga berdampak buruk pada kesehatan Anda.

2. Alkohol
Saat akhir pekan semakin dekat dan hari Jumat akan segera berakhir, berkumpul bersama teman-teman sambil minum bir atau segelas anggur bukan hanya menenangkan tetapi juga cara penting untuk melepas lelah. Namun konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol menekan sekresi ADH dan bertindak sebagai diuretik, meningkatkan produksi urin dan menyebabkan hilangnya cairan, membuat Anda merasa dehidrasi.

3. Konsumsi Protein Ekstrim
Bagi penggemar kebugaran yang melakukan olahraga intens, asupan protein yang cukup sangat penting. Namun konsumsi protein yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Pemecahan protein menghasilkan nitrogen, yang memerlukan air tambahan untuk stabilisasi, menarik air dari sel dan menyebabkan perasaan dehidrasi dan haus.

4. Minuman Berkafein
Meskipun memulai hari tanpa secangkir kopi atau teh yang mengepul mungkin terasa tidak tertahankan, konsumsi minuman berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Kafein meningkatkan produksi urin, namun untuk melawan efek diuretiknya, penting untuk mengonsumsi banyak air dan cairan lainnya.

Singkatnya, ini hanyalah beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh Anda, sehingga menekankan pentingnya tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar