Hati-Hati Sederet Makanan ini Berpotensi Menurunkan Imun Tubuh

Makanan berpotensi menurunkan imun tubuh. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Sering merasa tidak fit atau lebih mudah sakit menjadi salah satu tanda sistem imun tubuh sedang melemah. Penyebabnya juga beragam, mulai dari perubahan cuaca ekstrem, pola hidup yang nggak sehat, bahkan dari seringnya mengabaikan pentingnya asupan nutrisi untuk tubuh.

Dilansir dari Beautynesia, Senin (31/7/2023), kamu sudah nggak asing dengan istilah “you are what you eat” yang punya makna bahwa kondisi tubuh mencerminkan pola makan sehari-hari.

Kalau kondisi tubuhmu mudah kelelahan hingga jatuh sakit, bisa jadi karena kebiasaan mengkonsumsi asupan yang nggak sesuai dengan kebutuhan harian. Ini dia sederet makanan yang bisa bikin sistem imun kamu melemah.

Banyak Kandungan Gula
Kebutuhan gula harian pada perempuan dan laki-laki berbeda. Jumlah maksimal yang dapat dikonsumsi berkisar pada enam hingga sembilan sendok teh dalam satu hari.

Kandungan gula yang tinggi memicu tubuh cepat mengalami kelelahan, kulit mudah kusam dan berjerawat, hingga memicu penyakit jantung dan diabetes. Kamu bisa membatasi memakan cake, nasi putih, pasta dan roti yang punya kandungan gula tinggi.

Makanan Ultra Proses
Makanan ultra proses atau yang sering disebut dengan process food merupakan makanan yang diolah dan dikemas sehingga berbeda dari bentuk aslinya. Makanan ini dikenal praktis dengan masa penyimpanan yang lama jadi tidak mudah membusuk.

Makanan-makanan yang tergolong ultra proses diantaranya nugget, sup kemasan, beragam keripik, dan masih banyak lagi. Konsumsi process food yang berlebihan dapat memicu imun tubuh melemah hingga obesitas.

Gorengan
Budaya konsumsi makanan yang digoreng sudah ada sejak dulu di Indonesia. Tidak cuma disajikan saat ada acara, tapi juga sebagai konsumsi harian.

Dampak terlalu sering konsumsi makanan yang digoreng adalah mudah sakitterutama pada tenggorokan dan pencernaan, hingga meningkatkan kadar kolesterol.

Fast Food
Fast food atau makanan cepat saji memang digemari. Selain rasa yang lezat, makanan ini juga cepat disajikan dan bisa ditemukan di banyak tempat.

Kemudahan dan kenikmatan mengkonsumsi fast food ini membuat seseorang akan sering membeli tanpa memperhatikan efek jangka panjangnya. Konsumsi fast food berlebih menjadi awal pemicu kanker.

Tinggi Kandungan Garam
Tubuh membutuhkan kurang lebih 1 sendok teh garam setiap harinya. Namun, di iklim Indonesia yang cukup panas akan memungkinkan seseorang mengeluarkan lebih banyak keringat, sehingga butuh asupan makanan yang mengandung garam.

Kamu harus tetap membatasi konsumsi garam berlebih yang dapat menurunkan peran imun tubuh. Kelebihan sodium dalam garam dapat menyebabkan mudah kelelahan hingga hipertensi. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar