Hati-hati, Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Otak Anda!

Kebiasaan buruk yang merusak otak. (Foto: theasianparent)

Sukoharjonews.com – Pernahkah Anda memikirkan seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan saat Anda menaikkan volume musik? Ada beberapa aktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari yang benar-benar merusak kemampuan fungsi normal otak. Bagaimanapun, otak kita adalah aset yang paling berharga.


Sayangnya, kita sering mengabaikan praktik semacam ini, karena melewatkan sarapan atau mendengarkan musik keras tidak pernah memberikan dampak langsung apa pun. Anda mungkin mengalami kurang konsentrasi, kesulitan memahami orang lain, kehilangan ingatan, dan banyak lagi. Dikutip dari Web News Observer, pada Kamis (5/10/2023), berikut adalah kebiasaan yang ternyata dapat merusak otak Anda:

1. Melewatkan Sarapan
Memang benar jika dikatakan bahwa setiap makanan mempunyai manfaat dan tugasnya masing-masing. Kita sering melewatkan sarapan, yang merupakan waktu makan pertama di hari itu karena sibuk dengan jadwal kerja yang padat dan kurangnya waktu. Tahukah Anda, bahwa menabung beberapa jam saja dapat mempengaruhi sel-sel otak dan juga dapat menyebabkan terjadinya degenerasi sel-sel otak? Untuk menjalani gaya hidup sehat, tubuh kita membutuhkan nutrisi dalam jumlah minimum untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, melewatkan sarapan sama sekali bukan pilihan yang sehat.


2. Tidak Cukup Tidur
Kurang tidur atau jadwal tidur yang buruk adalah dua masalah paling umum yang terjadi pada generasi saat ini. Kurang tidur berarti otak Anda tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan hal ini dapat memicu tingkat kecemasan, memperlambat daya berpikir dan Anda akhirnya menemukan diri Anda dalam fase gelap dalam hidup Anda. Penelitian juga menyebutkan bahwa jumlah tidur yang tidak cukup dapat membuat ukuran otak Anda menjadi lebih besar.

3. Mendengarkan Musik Terlalu Keras
Memperkuat volume musik adalah kebiasaan umum yang membuat musik lebih nikmat dan menghipnotis. Namun hal ini dapat menyebabkan kematian sel-sel otak, dan mengakibatkan melambatnya kapasitas berpikir, mengganggu daya ingat, konsentrasi, serta menghambat kapasitas belajar.


4. Makan Berlebihan
Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “Less is more”. Makan berlebihan dapat menyebabkan beberapa situasi yang tidak terduga seperti obesitas dan gangguan memori. Penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang biasanya makan berlebihan, memiliki kapasitas menghafal yang kurang dibandingkan mereka yang makan dalam jumlah cukup sedikit. Selain itu, seseorang dapat menderita depresi berat dan gangguan makan yang mungkin menyebabkan kerusakan permanen dalam jangka panjang. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa beralih ke pilihan yang lebih sehat seperti mulai mengonsumsi roti panggang alpukat atau daun silangan, yang akan menjauhkan Anda dari rasa lapar dalam jangka waktu yang lama.

5. Merokok
Anda mungkin berpikir bahwa merokok hanya dapat mengganggu paru-paru dan jantung Anda, tetapi penelitian menunjukkan bahwa merokok juga terbukti berdampak negatif pada otak Anda. Ini dapat merusak membran sel yang dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer, demensia, dan bahkan kematian. Lain kali Anda menyalakan cerutu, berpikirlah dua kali demi kesehatan otak Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *