Hati- hati Ini Efek Samping Jika Kamu Mengonsumsi Teh Hijau Berlebihan

Efek samping teh hijau. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Teh hijau terkenal memiliki kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Tetapi, ternyata jika mengonsumsinya secara berlebihan, dapat memberikan efek samping pada tubuh.


Dilansir dari The Health Site, Kamis (29/6/2023), mengonsumsi teh hijau dapat memberikan manfaat seperti, menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan mental. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih akan memberikan efek samping

1. Anemia
Teh hijau mengandung katekin yang dapat menurunkan penyerapan zat besi pada tubuh. Hingga pada akhirnya dapat menyebabkan anemia. Agar terhindar dari hal tersebut, kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C.


2. Dapat Meracuni Hati
Seperti yang telah dilansir oleh StyleCraze, mengonsumsi teh hijau secara berlebih bisa mengakibatkan kerusakan hati. Menurut Epigallocatechin gallate (EGCG) 10% dari teh hijau lebih tinggi bisa menyebabkan toksisitas mitokondria.

3. Membuat Asam Lambung Naik
Meminum teh hijau terlalu berlebih dan saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung. Kadar tanin yang terkandung di dalam teh hijau bisa menaikkan asam lambung, sehingga memberi efek, muntah, pusing, mual, sampai diare.


4. Melemahkan Tulang
he National Osteoporosis Foundation menyatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mencegah penyerapan kalsium pada tulang.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa terlalu banyak asupan teh hiau mengurangi tingkat akumulasi tulang dan mengurangi kepadatan mineral tulang. Hal ini dapat menyebabkan pengkroposan tulang pada orang dewasa.

5. Merusak Fungsi Tiroid
Kandungan katekin pada teh hijaudapat mengurangi resiko kanker tiroid, tetapi asupan kafein pada teh hijau dapat merusak fungsi tiroid. National Cancer Center di Tokyo Jepang menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara berlebih dapat meningkatkan resiko kanker tiroid pada perempuan pascamenopuase. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *