Hari Pertama Ujicoba PTM, Bupati dan Wabup Pantau Pelaksanaan di SMPN 1

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati, Agus Santosa saat memantau ujicoba PTM di SMPN 1, Senin (5/4/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dimulai hari ini, Senin (5/4/2021). Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati (Wabup) Agus Santosa menyempatkan diri memantau pelaksaan ujicoba tersebut di SMPN 1 Sukoharjo. Ujicoba PTM sendiri dimulai pukul 07.30 WIB dengan dua mata pelajaran.



“Kalau melihat situasinya aman-aman saja, siswa datang diantar orang tua dan tudak ada yang yang naik angkutan umum. Semoga berjalan lancar dan tidak ada klaster corona baru selama ujicoba PTM ini,” ujar Bupati.

Ujicoba PTM sendiri akan dilakukan selama 11 hari 5-16 April. Setelah ujicoba selesai, lanjut Bupati, akan dilakukan evaluasi dan jika berjalan lancar akan disiapkan ujicoba di setiap kecamatan. Saat ini, baru empat sekolah yang melakukan ujicoba, yakni SMPN 1 Sukoharjo, MTSN 2 Sukoharjo, SMAN 1 Sukoharjo, SMKN 1 Sukoharjo dan MAN 1 Sukoharjo.

Bupati juga mengatakan, untuk setiap kelas masuknya giliran dimana tiap hari 16 siswa dengan kursi diatur agar ada jarak. Setiap hari ada dua mata pelajaran (mapel) dimana tiap mapel 30 menit. “Tidak ada istirahat dan tidak ada kantin. jadi, siswa masuk, pelajaran, dan pulang. Protokol kesehatan wajib dijalankan, masuk sekolah pakai masker, ada pengecekan suhu, ada tempat cuci tangan, dan lainnya,” tambah Bupati.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno mengatakan, sebelum ujicoba PTM ini, semua sudah mendapatkan vaksinasi. Menurutnya, jarak duduk antar siswa diatur 1,5 meter. Dalam satu kelas masuk sekolahnya juga bergantian dan satu kelas hanya ada 16 siswa yang masuk setiap harinya.

“Jadi, selama ujicoba PTM ini tidak ada istirahat, kantin dan mushala tidak dibuka,” ujarnya.

Untuk pengawasan siswa, Darno mengaku setiap siswa wajib diantar jemput oleh orang tuanya. Hal itu untuk memastikan bahwa siswa tidak berhenti ditempat lain saat pulang sekolah. Selain itu, sekolah juga mengaktifkan grup Whatsapp masing-masing kelas untuk memastikan siswa langsung pulang begitu usai PTM. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed