Hari Pertama PPDB Online SMP, Pendaftar Serbu SMPN 1

Pendaftaran hari pertama PPDB online di SMPN 1 Sukoharjo, Kamis (13/6).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang SMP dibuka, Kamis (13/6). Sesuai jadwal, pendaftaran akan dibuka tiga hari hingga 15 Juni nanti. Hari pertama pendaftaran, sekolah favorit langsung diserbu pendaftar. Seperti yang nampak di SMPN 1 Sukoharjo dimana sekal pagi hari para pendaftar sudah mendatangi SMPN 1. Dalam PPDB online ini, ada tiga jalur yang dipakai, yakni jalur zonasi/reguler, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua.


“Daya tampung siswa baru untuk SMPN 1 Sukoharjo sebanyak 320 siswa untuk 10 rombongan belajar dimana tiap rombel sebanyak 32 siswa,” jelas Ketua PPDB SMPN 1 Sukoharjo, Sunardi.

Lebih lanjut Sunardi menyampaikan, sebelumnya sekolah sudah menerima pendaftaran siswa Program Indonesia Pintar (PIP) sebanyak 51 siswa dan lingkungan sekitar 40 siswa sehingga total 91 siswa. Kekurangan siswa akan diisi menggunakan PPDB online dengan tiga jalur tersebut. Artinya, SMPN 1 tinggal membutuhkan 229 siswa. Untuk jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua sendiri kuotanya 5% atau 16 siswa tiap jalur.

Untuk zonasi sendiri, ujar Sunardi, sesuai SK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, terdiri dari lima kecamatan yang bisa mendaftar di SMPN 1. Masing-masing Kecamatan Sukoharjo, Bendosari, Karangdowo (Klaten) dan Juwiring (Klaten). Sunardi juga mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, pendaftar di SMPN 1 selalu melebihi daya tampung.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Sukoharjo Dwi Atmojo Heri menyampaikan, dalam PPDB online jenjang SMP yang dibuka mulai 13 Juni ini, tiap siswa mendaftar untuk tiga pilihan sekolah. Sehingga, ketika siswa bersangkutan nilainya tidak masuk dalam rangking daya tampung, secara otomatis akan digeser ke pilihan sekolah kedua dan seterusnya.

“Untuk jalur prestasi, nilai verifikasi piagam sudah dimasukkan dalam sistem oleh dinas. Sehingga, nantinya nilai USBN akan ditambah dengan nilai piagam secara omotatis,” ujarnya.

Heri juga mengatakan, sebelum PPDB online dibuka, setiap sekolah juga sudah menerima pendaftaran secara offline untuk siswa kurang mampu dari Program Indonesia Pintar (PIP) dan juga siswa di lingkungan sekolah masing-masing. Persentase siswa PIP dan juga lingkungan berbeda-beda antara sekolah yang satu dengan yang lain karena jumlah PIP maupun siswa di lingkungan juga berbeda. Informasi peringkat pendaftar bisa diakses melalui http://ppdb-sukoharjo.net atau melalui papan pengumuman dimasing-masing satuan pendidikan. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar