Harga Daging Ayam di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Naik Tajam Menjadi Rp42.000 per Kilogram

Harga daging ayam naik secara perlahan dimana saat ini mencapai Rp42.000 per kg.

Sukoharjonews.com – Menjelang bulan puasa, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan. Selain beras yang sudah lebih dulu naik, komoditas yang naik tajam adalah daging ayam yang tembus Rp42.000 per kilogram (kg).

Kenaikan harga daging ayam ini cukup signifikan dari sebelumnya Rp35.000 per kg pada akhir Februari lalu kemudian naik menjadi Rp38.000 per kg awal maret dan saat ini sudah mencapai Rp42.000 per kg.

“Kemungkinan karena adanya kenaikan permintaan masyarakat tapi suplai daging ayam tersendat,” ujar salah satu pedagang daging ayam di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo, Sumarsono, 57, Minggu (10/3/2024).

Menututnya, kenaikan permintaan daging ayam menjelang bulan puasa sudah menjadi hal yang biasa. Kenaikan sendiri tidak secara tiba-tiba, tapi sudah mulai sejak akhir bulan Februari lalu.

“Kalau dibanding tahun 2023 lalu, harga daging ayam potong mengalami kenaikan, namun tak terlalu signifikan,” ujarnya.

Sumarsono mengaku kenaikan harga menjelang bulan puasa hingga lebaran sudah jadi hal yang biasa karena naiknya permintaan masyarakat. Hal itu persiapan bulan puasa dan lebaran.

Terpisah, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani melakukan pantauan harga di Pasar Tawangsari dan Pasar Watukelir Kecamatan Weru. Pantauan dilakukan untuk memastikan harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) tidak mengalami lonjakan diluar kewajaran.

Menurutnya, dalam pantauan tersebut diakui ada kenaikan harga sejumlah komoditas dimana salah satunya adala daging ayam. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar