Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan di Ayers Rock, Australia

Menikmati liburan di ayers rocks, australia. (Foto: the independent)

Sukoharjonews.com – Ayers Rock – atau Uluru, sebutan bagi pemilik tanah Aborigin – adalah salah satu landmark paling ikonik di Australia . Ditemukan di tengah pedalaman berpasir merah di Northern Territory, Batu Uluru/Ayers merupakan tempat suci bagi masyarakat Aborigin. Dikatakan bahwa Red Centre , kawasan di sekitar Alice Springs tempat Anda akan menjumpai Uluru, adalah pusat spiritual Australia. Pada tahun 1993, sebuah kebijakan diadopsi yang mengizinkan nama resmi yang terdiri dari nama tradisional Aborigin dan nama Inggris. Maka pada tahun 1993, batu tersebut berganti nama menjadi Ayers Rock/Uluru dan urutan nama ganda tersebut resmi dibalik menjadi Uluru/Ayers Rock pada tahun 2002.

Uluru / Ayer’s Rock lebih dari sekedar batu besar dan harus masuk dalam daftar wisata Australia yang wajib Anda kunjungi. Ada banyak hal yang dapat dilakukan saat Anda berada di sana, mulai dari mendaki batu hingga mempelajari budaya Aborigin. Dikutip dari Trip Savvy, pada Sabtu (10/2/2024), inilah hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Ayers Rock Australia:

1. Kagumi Ukuran Batunya yang Tipis
Saat Anda melihat Uluru/Batu Ayer dalam gambar, sulit membayangkan betapa besarnya fenomena alam ini. Sebagai salah satu monolit terbesar di dunia, Uluru / Ayer’s Rock menjulang tinggi di atas Anda dengan tinggi lebih dari 300 meter (atau sekitar 1.000 kaki) dan lebar 2 kilometer (atau lebih dari 1,2 mil).

Batuan batu pasir ini berumur sekitar 500 juta tahun, sekitar waktu yang sama dengan terbentuknya benua Australia. Nama Ayers Rock dipilih oleh Ernest Giles, seorang penjelajah Anglo-Australia yang menamainya dengan nama Perdana Menteri Australia Selatan saat itu, Sir Henry Ayers. Namun Uluru merupakan wilayah tradisional dan budaya masyarakat Anangu yang sudah ada sebelum kedatangan Giles.

2. Berjalan, Mendaki, atau Berkeliling di Batu
Uluru/Batu Ayer bahkan lebih mengesankan jika dilihat dari dekat; permukaannya yang tampak halus ditutupi oleh cekungan, bekas luka, dan gua. Meskipun mendaki Uluru/Batu Ayer dianggap sangat tidak sopan bagi masyarakat Anangu — dan pendakian ke tempat terkenal tersebut kini dilarang — sangat disarankan agar Anda meluangkan waktu untuk menjelajah di sekitarnya. Berjalan di sekitar batu ini berjarak 9 kilometer, atau hampir 6 mil, pulang pergi, jadi ingatlah untuk mengenakan sepatu berjalan yang bagus dan membawa sebotol air.

3. Ikuti Tur Unta
Pedalaman ini menyimpan banyak rahasia yang tersembunyi di balik pasir merahnya yang tak berujung, mulai dari satwa liar paling beragam di dunia hingga formasi batuan dan oasis yang tersembunyi. Cara terbaik untuk menjelajahi pedalaman adalah dengan menunggang unta, karena mereka sangat cocok dengan kondisi panas dan kering. Tur Unta Uluru menawarkan tur harian termasuk tur matahari terbit, wisata sehari, dan naik wahana matahari terbenam di sekitar Uluru / Ayer’s Rock dan Olgas, sekelompok formasi batuan berbentuk kubah yang besar.

4. Rasakan Budaya Aborigin
Masyarakat Anangu adalah penduduk asli Alice Springs, dan sebagai hasilnya, mereka memiliki pengetahuan yang tiada habisnya tentang daerah tersebut. Baik Anda tertarik dengan makanan ala hutan semak (makanan asli), karya seni tradisional Aborigin, atau sekadar memahami hubungan spiritual dan sejarah yang dimiliki masyarakat Anangu dengan Uluru / Batu Ayer, ada tur yang dapat memberi Anda apresiasi yang lebih mendalam terhadap hal luar biasa ini. bagian dari budaya Australia.

Baik Anda menginap di Ayers Rock Resort atau sejumlah pilihan akomodasi lainnya, kemungkinan besar Anda akan memiliki akses ke beberapa pertunjukan Aborigin gratis, seperti menari, melempar bumerang, melukis titik tradisional, atau tur makanan ala hutan semak. Anda mungkin akan ikut serta dan belajar melakukan hal-hal seperti melempar bumerang.

5. Makan di Udara Terbuka
The Sounds of Silence, dijalankan oleh Ayers Rock Resort , menawarkan pengalaman bersantap mewah yang tak terlupakan di Red Centre. Saksikan matahari terbenam di atas Uluru / Ayer’s Rock sambil menikmati makanan kecil gourmet dan anggur bersoda, lalu bersantap di bawah langit malam yang menakjubkan sambil menikmati prasmanan bertema makanan ala hutan semak, lengkap dengan buaya, kanguru, dan barramundi. Saat langit semakin gelap, Anda akan mendengarkan pembicara bintang yang mengartikan langit malam selatan dan pertunjukan didgeridoo.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar