Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Sukoharjo Operasi “Ramp Check” Armada Angkutan Jalan

Dishub Sukoharjo saat melakukan”ramp check” armada bus di Terminal Sukoharjo, Senin (1/4/2024).

Sukoharjonews.com – Dalam upaya memberikan keamanan kepada penumpang, Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menggelar “ramp check” pada sejumlah armada bus di Terminal Sukoharjo, Senin (1/4/2024). Sejumlah angkutan umum yang didominasi bus dicek oleh petugas.

“Kegiatan “ramp check” ini merupakan bentuk antisipasi terkait dengan keselamatan dalam menghadapi lonjakan arus pemudik Lebaran 2024,” ungkap Kabid Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Sukoharjo, Agus Eko Budi.

Agus melanjutkan, ramp check sendiri bertujuan untuk memastikan kelayakan armada angkutan penumpang dalam kondisi laik jalan. Sasaran “ramp check” sendiri adalah angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan bus pariwisata.

Dalam kegiatan pengecekan, lanjut Agus, petugas melakukan pengecekan administrasi seperti SIM, STNK, trayek, dan kartu pengawasan.

“Pengecekan juga terkait teknis diantaranya kondisi ban, rem, spion, apar, lampu sein, dan lainnya,” ujar Agus.

“Kalau ada pelanggaran berat kami memberikan surat tilang, namun untuk pelanggaran ringan dan bisa dimaklumi, petugas memberikan teguran dan edukasi,” sambung Agus.

Agus juga mengatakan, ramp check tidak hanya dilakukan di Terminal Sukoharjo, tapi juga dilakukan di garasi bus bersama Satlantas Polres Sukoharjo. Garasi bus yang didatangi antara lain PO Gunung Mulia.

“Hasil ramp check ini tidak ada temuan pelanggaran. Bus yang kami periksa laik jalan,” tambahnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar