Google Pixel 8a Diluncurkan dengan Layar 120Hz, Pembaruan OS 7 Tahun, Cek Harganya

Google Pixel 8a. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Kebocoran dan rumor mengungkapkan banyak informasi tentang Pixel 8a sehingga tidak perlu dibayangkan. Tidak mengherankan, Google diam-diam mengumumkan smartphone tersebut menjelang konferensi Pengembang I/O tahunannya. Penawaran kelas menengah generasi terbaru hadir sebagai penerus Pixel 7a tahun lalu. Ini mengemas peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (14/5/2024), Google Pixel 8a memiliki layar OLED 6,1 inci dengan resolusi FHD+. Kecepatan refresh ditingkatkan menjadi 120Hz dari 90Hz dan kecerahan puncak sekarang menjadi 2.000 nits, naik dari 1.070 nits pada pendahulunya. Layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass 3.

Pixel 8a memiliki desain yang sama dengan model premium Pixel 8. Sudutnya lebih membulat dan terdapat jembatan kamera horizontal. Ponsel pintar ini bersertifikat IP67 tahan debu dan air. Ada pemindai sidik jari di layar.

Di bagian depan optik, Pixel 8a dilengkapi kamera utama 64MP dengan dukungan OIS dan lensa sudut ultra lebar 13MP. Ada kamera selfie menghadap ke depan 13MP. Ia mampu merekam video hingga 4K dengan kamera depan dan belakang. Ada sejumlah fitur terkait kamera seperti editor ajaib, pengambilan terbaik, ultra HDR, dan banyak lagi.

Secara internal, Pixel 8a dibekali chipset Tensor G3. Ini mengemas RAM 8GB dan ditawarkan dalam opsi penyimpanan 128GB dan 256GB. Ponsel cerdas ini mendapatkan dayanya dari unit baterai 4.492mAh dengan dukungan pengisian kabel 18W dan pengisian nirkabel.

Dari segi perangkat lunak, perangkat ini berjalan pada OS Android 14 dengan jaminan pembaruan selama 7 tahun. Ponsel ini juga mendapat fitur AI termasuk Circle to Search, bantuan panggilan Pixel, dan Gemini.

Harga dan ketersediaan
Google Pixel 8a ditawarkan dalam warna Bay, Aloe, Obsidian, dan Porcelain. Ponsel cerdas ini mulai dari USD499 atau Rp8 jutaan untuk varian dasar 128GB sedangkan model 256GB berharga USD559 atau Rp8,9 jutaan. Pre-order sudah dimulai dengan penjualan dimulai 14 Mei. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar