Google Meluncurkan Gemma, Model AI Publik Generasi Berikutnya untuk Pengembangan Etis

Google Gemma. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Google telah meluncurkan inovasi terbarunya, Gemma, dan ini menandai standar baru di sektor AI. Pada dasarnya, Gemma adalah model penelitian AI yang tersedia secara terbuka bagi Google. Dikembangkan oleh para pemikir brilian di Google DeepMind bersama dengan tim lainnya, Gemma mewakili lompatan maju yang signifikan, menghadirkan teknologi tercanggih bagi pengembang dan peneliti AI di mana pun.

Dikutip dari Gizmochina, Minggu (25/2/2024), dinamakan berdasarkan kata Latin yang berarti “batu berharga”, ini melambangkan nilai yang dibawa Google ke sektor yang berkembang pesat.

Keluarga Gemma hadir dalam dua ukuran: Gemma 2B dan Gemma 7B, masing-masing dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat. Google telah mengambil langkah besar untuk memastikan model ini tidak hanya kuat namun juga bertanggung jawab.

Dengan menghapus data sensitif dari set pelatihan mereka dan menjalani pengujian yang ketat, termasuk pengujian tim merah manual dan pengujian permusuhan otomatis, perusahaan telah menjamin keamanan model.

Yang membuat Gemma menonjol adalah keserbagunaannya. Baik Anda bekerja dari laptop atau menerapkan aplikasi di platform seluler, IoT, atau cloud, Gemma dirancang untuk berintegrasi dengan lancar.

Kompatibilitasnya dengan Vertex AI dan Google Kubernetes Engine (GKE) menyederhanakan penerapan, dan kemitraan dengan Nvidia memastikan Gemma berjalan optimal di Google Cloud TPU dan GPU Nvidia.

Model-model tersebut tidak hanya mampu bertahan dibandingkan model-model yang lebih besar, namun dalam banyak kasus, bahkan mengungguli model-model tersebut. Tingkat efisiensi ini membuka kemungkinan baru bagi pengembang, menawarkan kinerja terbaik di kelasnya yang sebelumnya tidak dapat dicapai.

Selain itu, Google mempromosikan penggunaan AI yang bertanggung jawab, memungkinkan penggunaan dan distribusi komersial ke seluruh organisasi dari semua ukuran. Dengan diperkenalkannya Toolkit AI Generatif yang Bertanggung Jawab, pengembang memiliki sumber daya yang tersedia untuk memastikan Gemma digunakan secara etis dan efektif. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar