Google Diam-diam Mendorong UI YouTube Baru yang Menempatkan YouTube Shorts di Bagian Atas Umpan Langganan Anda

Update YouTube Short. (Foto: Leo Wong De Quan via Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Bulan lalu, Google mengumumkan bahwa mereka menghentikan fitur “YouTube Story” yang kurang dimanfaatkan di YouTube dan mengungkapkan niatnya untuk mengalihkan fokus ke fitur yang lebih baru dan lebih populer seperti YouTube Shorts dan postingan Komunitas. Dan tampaknya pergeseran fokus terlihat sudah dimulai karena Google diam-diam mendorong perubahan antarmuka pengguna baru untuk semua pengguna secara bertahap dalam pembaruan terbarunya ke YouTube.

Dilansir dari Gismochina, Selasa (13/6/2023), sebelumnya hanya didorong ke pengguna YouTube tertentu sebagai pengujian beta, perubahan UI baru untuk semua pengguna YouTube menempatkan bagian YouTube Shorts di bagian atas feed langganan Anda, yang menempati peringkat kedua dalam prioritas, tepat setelah salah satu video terbaru dari saluran langganan Anda. Perubahan tersebut berlaku dan terlihat baik di situs desktop YouTube, maupun aplikasi YouTube di Android dan iOS.

Perubahan UI yang baru menempatkan Bagian Shorts di tab Feed Langganan Anda di desktop, selain sudah ada di tab rekomendasi dan Tab Shorts.

Bagian YouTube Shorts sebelumnya hanya muncul di tab rekomendasi dan Tab Shorts khusus, tetapi perubahan UI baru ini berarti Shorts juga akan muncul di langganan Anda mulai sekarang. Disebut-sebut sebagai pesaing TikTok dan Instagram Reels, YouTube Shorts termasuk dalam kategori video vertikal bentuk pendek yang berputar kembali ke dirinya sendiri. Banyak pengguna menyebut Shorts membuat ketagihan dan mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk men-scroll lebih banyak konten.

Meskipun popularitas YouTube Shorts telah meningkat dari waktu ke waktu, hal yang sama tidak berlaku untuk YouTube Stories, sebuah fitur yang disalin dari Instagram dan Snapchat di mana pembuat konten dapat memposting video yang akan dihapus secara otomatis dalam 24 jam. Penghentian resmi fitur Stories telah diumumkan oleh YouTube, dijadwalkan pada 26 Juni.

Pasca tanggal tersebut, kreator tidak lagi memiliki opsi untuk berbagi cerita di halaman masing-masing. Semua cerita yang dibuat sebelum tenggat waktu ini akan tetap ada di profil pembuat selama tujuh hari seperti biasa. Namun, mulai Senin, 3 Juli, platform YouTube tidak akan memiliki cerita apa pun.

Antarmuka pengguna YouTube telah melalui beberapa revisi selama 5 tahun terakhir, mulai dari memperkenalkan konfigurasi kecepatan pemutaran video hingga menghapus tombol tidak suka pada video, platform ini selalu membangkitkan percakapan tentang perubahan yang dilakukannya pada situs webnya setiap saat.

Apakah perubahan ini diterima atau tidak di komunitas masih harus dilihat dan didiskusikan oleh Internet, tetapi satu hal yang pasti, YouTube yang Anda gunakan saat ini tidak sama dengan 5 tahun yang lalu. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar