Gedung Pusat Promosi UMKM Dibuka, Bupati Gratiskan Sewa Hingga Desember

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bersama istri Etik Suryani saat meninjau kios-kios produk UMKM di Pusat Promosi Produk Unggulan di GP3D Graha Wijaya, Rabu (31/10).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo membuka secara resmi Pusat Promosi Produk Unggulan UMKM di GP3D Graha Wijaya. Berbagai macam produk UMKM menempati kios-kios yang ada, mulai lantai satu hingga lantai empat. Selain produk UMKM, di lokasi yang sama juga terdapat sentra kuliner. Untuk mendukung keberlangsungan pusat promosi produk unggulan tersebut, Bupati memberikan keringanan dengan menggratiskan biaya sewa kios hingga Desember nanti.


Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo menyampaikan, selain pembukaan Pusat Promosi Produk Unggulan UMKM, di gedung yang sama sekaligus diresmikan Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bekerjasama dengan UNS Solo. “Dengan pembukaan pusat promosi produk unggulan ini, kami berharap mampy meningkatkan saya saing, produktivitas produk UMKM di Sukoharjo,” ujar Sutarmo.

Selain itu, ujar Sutarmo, Pemkab berharap dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk lokal Sukoharjo sehingga menunjang pengenbangan UMKM. Sutarmo mengaku terdapat 78 UMKM yang menempati Pusat Promosi Produk Unggulan di GP3D Graha Wijaya yang dulu dikenal sebagai “gedung lowo”. 78 UMKM tersebut telah lolos seleksi oleh tim penjaringan.

Untuk lantai 1, terdapat 18 UMKM batik dan perajin, lantai 2 terdapat 18 UMKM fashion dan aksesoris, lantai 3 terdapat 26 UMKM yang terdiri dari 12 UMKM makanan dan 14 UMKM kuliner. Sedangkan lantai 4 untuk 18 UMKM produk elektronik dan handphone serta untuk Kantor PLUT. “Saat ini masih terdapat empat kios yang kosong dan direncanakan sebagian untuk tempat ATM,” ujar Sutarmo.

Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Sukoharjo,

Nantinya, ujar Sutarmo, untuk terus meramaikan lokasi, dinas akan melakukan promosi ke masyarakat dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Sukoharjo. Selain itu, bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menggelar event pameran serta outing class bagi siswa SMP dan SMA. PLUT sendiri juga sudah membuat aplikasi yang bisa diunduh melalui “play store” mengenai UMKM Sukoharjo.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Sektor UMKM sudah menjadi agenda pembangunan ekonomi Nasional sehingga keberadaannya harus dioptimalkan. Salah satu upaya yang dilakukan di Sukoharjo adalah dengan membangun gedung pusat promosi potensi produk unggulan tersebut.

“Dengan dibukanya pusat promosi produk unggulan UMKM ini, saya harap dapat untuk mengoptimalkan fungsi gedung sekaligus untuk sarana promosi produk UMKM di Sukoharjo,” ujarnya.

Sebagai bentuk dungan Pemkab Sukoharjo, Bupati pun menggratiskan biaya sewa kios sampai bulan Desember 2018 nanti. Setelah itu baru akan dievaluasi kembali berapa tarif yang akan diberlakukan pada penghuni gedung. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar