Gara-gara Santap Ayam Bakar di Hajatan Tetangga, 51 Warga Sukoharjo Keracunan

Sebanyak 51 warga Dukuh Nanggulan, Desa Gentan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo keracunan usai menyantap hidangan ayam bakar acara syukuran.

Sukoharjonews.com – Sebanyak 51 warga Dukuh Naggulan RT 02/07, Desa Gentan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo keracunan massal, Minggu (10/3/2024). Warga mengalami keracunan sehabis menghadiri hajatan “slup-slupan” rumah tetangga yang menyajikan ayam bakar.

“Keracunan bermula dari warga yang menghadiri syukuran “slup-slupan” rumah tetangga pada Jumat (8/3/2024) malam,” terang Kepala Puskesmas Bendosari, Romdon Nugroho, Senin (11/3/2024).

Gejala keracunan sendiri mulai dirasakan warga pada Sabtu (9/3/2024) hingga Minggu (10/3/2024). Dari pendataan yang dilakukan Puskesmas, total ada 51 warga yang mengalami sakit perut, muntah, dan diare.

Dari 51 orang tersebut, ujar Romdon, 21 warga harus mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit. Seperti RSUD Ir Soekarno, RS PKU Sukoharjo, RS PKU Solo, dan RS Hermina.

Romdon mengatakan, dugaan sementara dari nasi kotak ayam bakar yang dihidangkan saat acara syukuran “slup-slupan” tersebut. Puskesmas juga sudah mengambil sampel untuk pengecekan laboratorium.

“Untuk yang dibawa ke RSUD Ir Soekarno, dari awalnya 21 orang, delapan diantarana sudah diperbolehkan pulang sehingga masih 13 yang dirawat,” ujarnya.

Sebagai bentuk antisipasi, Romdon mengaku Puskesmas Bendosari mendirikan posko di rumah salah satu warga Dukuh Nanggulan, Desa Gentan, Kecamatan Bendosari. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar