Ganti Kopi dengan 6 Minuman Pagi yang Sehat Ini

Minuman pengganti kopi.(Foto: hallosehat)

Sukoharjonews.com – Bagi banyak dari kita, kopi memberikan dorongan energi instan yang hampir menjadi penyelamat di hari-hari yang super sibuk dan mengantuk. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk menyingkirkan kopi dari rutinitas pagi Anda? Kita mungkin merasa sulit menjalani hari tanpa menikmati secangkir kopi pagi, tetapi ada banyak alternatif yang lebih sehat untuk kopi.

Kafein dapat menimbulkan beberapa efek samping lainnya. Efek samping tersebut dapat berupa kegelisahan, peningkatan denyut jantung, dan kecemasan, terutama saat Anda mengonsumsinya saat perut kosong. Kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi pencernaan dengan memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), mual, nyeri ulu hati , gangguan pencernaan, dan refluks asam lambung. Seiring berjalannya waktu, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kronis, oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi kafein dan pertimbangkan alternatif yang lebih sehat.

Dikutip dari Healthshots pada Jumat (9/8/2024), berikut beberapa alternatif kopi yang sehat, beserta manfaatnya:

1. Teh hijau
Terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, teh hijau merupakan salah satu minuman yang tepat untuk mengawali hari Anda. Tidak seperti teh hitam atau teh oolong, daun teh hijau tidak mengalami oksidasi, sehingga antioksidan alaminya tetap terjaga.

Manfaat:
* Kekuatan antioksidan: Teh hijau kaya akan katekin, khususnya epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan kuat. Menurut Biochemistry Research International , katekin ini membantu melawan radikal bebas, yang berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis.

* Meningkatkan metabolisme: Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi.

* Efek menenangkan: Kehadiran asam amino L-theanine membantu meningkatkan relaksasi dan fokus tanpa menyebabkan kantuk. Dikombinasikan dengan sedikit kafein, ia dapat memberikan kewaspadaan yang seimbang dan tenang.

2. Air lemon
Air lemon dibuat dengan menambahkan sari lemon segar ke dalam air. Air lemon dapat disajikan hangat atau dingin, sehingga menjadi minuman serbaguna. Sari lemon kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi musiman dan alergi.

Manfaat:
* Hidrasi: Memulai hari dengan air lemon dapat membantu menghidrasi kembali tubuh Anda setelah tidur semalaman. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Hidrasi: Memulai hari dengan air lemon dapat membantu menghidrasi kembali tubuh Anda setelah tidur semalaman. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

* Peningkatan vitamin C: Lemon merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

* Membantu pencernaan: Air lemon dapat membantu merangsang sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan yang lebih baik, dan mencegah sembelit. Keasaman jus lemon juga dapat membantu memecah makanan. Menurut European Journal of Nutrition , asam sitrat dalam lemon membantu meningkatkan sekresi asam lambung.

3. Latte kunyit
Latte kunyit, yang juga dikenal sebagai susu emas, adalah minuman hangat berbumbu rempah yang dibuat menggunakan kunyit, susu (dari susu atau nabati), dan sering kali rempah-rempah lain seperti kayu manis, lada hitam, dan jahe. Minuman ini juga dapat mengandung pemanis seperti madu atau sirup maple.

Manfaat:
* Khasiat antiperadangan: Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiperadangan yang kuat. Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi serta berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Menurut International Journal of Preventive Medicine , kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, bersama dengan jahe dan kayu manis memiliki beberapa khasiat antiperadangan.

* Efek antioksidan: Kurkumin juga merupakan antioksidan kuat, melindungi tubuh dari stres oksidatif dan radikal bebas.

• Meningkatkan pencernaan: Rempah-rempah dalam susu emas, seperti jahe dan lada hitam, dapat membantu pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

• Menenangkan dan menenangkan: Sifat hangat dan lembut dari minuman ini dapat menenangkan, menjadikannya awal hari yang menenangkan.

4. Teh matcha
Matcha adalah bubuk halus dari daun teh hijau yang ditanam dan diolah secara khusus. Tidak seperti teh hijau biasa, yang daunnya diseduh, matcha melibatkan konsumsi seluruh daun, yang memberikan konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi. Matcha latte memadukan bubuk matcha dengan susu (dari susu atau nabati) dan terkadang pemanis.

Manfaat:
* Kaya akan antioksidan: Matcha mengandung katekin tingkat tinggi, khususnya EGCG, yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker, penurunan berat badan, dan kesehatan jantung.

* Menenangkan kewaspadaan: Matcha mengandung kafein dan L-theanine. Kafein memberikan dorongan energi yang lembut, sementara L-theanine meningkatkan perasaan rileks dan meredakan kecemasan, sehingga menciptakan kondisi kewaspadaan yang tenang.

* Sifat detoksifikasi: Klorofil dalam matcha membantu detoksifikasi tubuh dengan menghilangkan logam berat dan racun kimia.

* Meningkatkan metabolisme: Matcha dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang ingin mengelola berat badan.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar