Ganti Kopi dengan 4 Minuman Pagi yang Sehat Ini

Minuman pengganti kopi.(Foto:Aladokter)

Sukoharjonews.com – Kafein dapat menjadi hal yang merugikan di pagi hari – terutama saat perut kosong – karena mengganggu produksi kortisol alami tubuh kita. Ini adalah hormon yang membantu mengatur kadar energi, tekanan darah, kadar gula darah, dan respons stres. Mengonsumsi kafein setelah bangun tidur dapat mengganggu ritme kortisol alami ini, yang menyebabkan peningkatan ketergantungan pada kafein untuk kewaspadaan. Di samping itu, kadar kortisol yang berlebihan dapat memicu masalah seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2, penyakit jantung, dan pengeroposan tulang.


Dikutip dari Journal of Alzheimer’s Disease, pada Jumat (13/9/2024) kopi dalam dosis tinggi dapat memicu gejala kecemasan. Selain itu, orang dengan gangguan kecemasan sosial dan gangguan panik lebih rentan mengalami masalah kecemasan setelah mengonsumsi kopi. Beralih ke minuman pagi yang lebih sehat dapat memberikan awal hari yang menyegarkan dan bergizi. Lihatlah beberapa alternatif kopi yang sehat, beserta manfaat dan jumlah kalorinya:

1. Teh hijau
Terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, teh hijau merupakan salah satu minuman yang tepat untuk mengawali hari Anda. Tidak seperti teh hitam atau teh oolong, daun teh hijau tidak mengalami oksidasi, sehingga antioksidan alaminya tetap terjaga.

Manfaat:
● Kekuatan antioksidan: Teh hijau kaya akan katekin, khususnya epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan antioksidan kuat. Menurut Biochemistry Research International , katekin ini membantu melawan radikal bebas, yang berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis.
● Meningkatkan metabolisme: Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi.

• Efek menenangkan: Kehadiran asam amino L-theanine membantu meningkatkan relaksasi dan fokus tanpa menyebabkan kantuk. Dikombinasikan dengan sedikit kafein, ia dapat memberikan kewaspadaan yang seimbang dan tenang.


2. Air lemon
Air lemon dibuat dengan menambahkan sari lemon segar ke dalam air. Air lemon dapat disajikan hangat atau dingin, sehingga menjadi minuman serbaguna. Sari lemon kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi musiman dan alergi.

Manfaat:
* Hidrasi: Memulai hari dengan air lemon dapat membantu menghidrasi kembali tubuh Anda setelah tidur semalaman. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

* Peningkatan vitamin C: Lemon merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

3. Latte kunyit (susu emas)
Latte kunyit, yang juga dikenal sebagai susu emas, adalah minuman hangat berbumbu rempah yang dibuat menggunakan kunyit, susu (dari susu atau nabati), dan sering kali rempah-rempah lain seperti kayu manis, lada hitam, dan jahe. Minuman ini juga dapat mengandung pemanis seperti madu atau sirup maple.

Manfaat:
* Khasiat antiperadangan: Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiperadangan yang kuat. Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi serta berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Menurut International Journal of Preventive Medicine , kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, bersama dengan jahe dan kayu manis memiliki beberapa khasiat antiperadangan.
● Efek antioksidan: Kurkumin juga merupakan antioksidan kuat, melindungi tubuh dari stres oksidatif dan radikal bebas.

• Meningkatkan pencernaan: Rempah-rempah dalam susu emas, seperti jahe dan lada hitam, dapat membantu pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

• Menenangkan dan menenangkan: Sifat hangat dan lembut dari minuman ini dapat menenangkan, menjadikannya awal hari yang menenangkan.

Kalori: 80-150 kalori per cangkir (bervariasi berdasarkan jenis susu dan pemanis yang digunakan)


4. Teh pepermin
Teh pepermin adalah minuman herbal yang terbuat dari daun tanaman pepermin (Mentha piperita). Teh ini bebas kafein dan dikenal karena rasa mintnya yang menyegarkan.

Manfaat:

* Membantu pencernaan: Teh pepermin umumnya digunakan untuk meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gangguan pencernaan, dan gas. Menthol dalam pepermin melemaskan otot-otot saluran pencernaan, sehingga memperlancar pencernaan.

* Dekongestan alami: Menthol dalam pepermin dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan meredakan gejala pilek dan alergi. Ia bertindak sebagai dekongestan alami dan memiliki khasiat menenangkan bagi sistem pernapasan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *