GAC Mengumumkan Mesin Pertama di Dunia yang Ditenagai oleh Amonia

GAC Umumkan Mesin Pertama Berbahan Bakar Amonia. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Guangzhou Automobile Group Co. (GAC) mengumumkan telah mengembangkan mesin yang menggunakan amonia sebagai alternatif bensin dan bahan bakar fosil lainnya. Ini akan menjadi mesin mobil pertama yang memiliki mesin bertenaga amonia. Ini semakin memperluas pilihan energi yang tersedia untuk pembuat mobil.


Dilansir dari Gizmochina, Minggu (2/7/2023), merek mobil China mengatakan itu mengatasi aspek sulit dari amonia yang tidak dapat terbakar dengan cepat sehingga memungkinkannya untuk memulai teknologi itu di industri mobil penumpang. GAC mengatakan sangat senang dengan nilai yang dibawa perkembangan ini kepada masyarakat dan potensi penggunaan komersial.

Mesin baru bertenaga amonia diluncurkan sebagai bagian dari pameran teknologi tahunan GAC. Acara tersebut juga menampilkan mobil terbang merek Gove dan minivan hibrida-hidrogen Trumpchi. Platform hybrid-hidrogen sedang dipromosikan oleh pembuat mobil Jepang Toyota.


Mesin amonia GAC yang baru memberikan solusi energi bebas karbon yang lebih bersih. GAC harus mengatasi sifat mudah terbakar yang rendah dan emisi nitrogen oksida yang tinggi dalam pengembangan mesin. Dikatakan mesin 2.0 liter dapat mengubah amonia cair dengan cara yang aman dan lebih efisien.

Mesin ini mampu mencapai tenaga 120kW dan pengurangan emisi karbon sebesar 90%. Kunci pengembangan baru tepat ke dalam rencana GAC yang lebih besar untuk transisi energi hijau di China terutama.

GAC adalah milik negara dan merek EV-nya Aion saat ini merupakan merek EV terlaris ketiga di China. Hanya BYD dan Tesla yang mengungguli Aion di pasar otomotif China. Pengerjaan amonia sebagai solusi energi alternatif pada mobil sebelumnya difokuskan terutama pada kendaraan berat seperti truk.


Amonia menjadi zat beracun, membutuhkan arsitektur keamanan tinggi yang sebelumnya tidak tersedia di mobil penumpang. Protokol keamanan amoniak sudah ada di beberapa industri dalam penanganan dan pengangkutan amonia yang telah lama digunakan sebagai pupuk.

Akan menarik untuk melihat pengenalan mobil bertenaga amonia di industri mobil penumpang. GAC berharap dapat segera menerapkan teknologi mesin mobil berbasis amonia dalam skala komersial yang lebih besar. Namun kendaraan seperti itu perlu menskalakan beberapa persyaratan keselamatan dari badan pengawas sebelum menjadi kenyataan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *