Fungsional Tol Solo-Yogyakarta Saat Arus Mudik Lebaran, Jalur Sanggung Rawan Macet

Pantauan arus lalin di Simpang Tiga Sanggung melalui CCTV Dinas Perhubungan.

Sukoharjonews.com – Tol Solo-Yogyakarta difungsionalkan sepanjang 6 kilometer (km) selama arus mudik Lebaran 2023 ini. Kondisi tersebut membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menjadikan jalur Sanggung rawat macet selama arus mudik Lebaran ini.

“Pemetaan jalur rawan macet sudah kami lakukan dimana rawan macet terjadi di Simpang Tugu Kartasura, Simpang Sanggung Gatak, Simpang Kadilangu, dan depan Pasar Telukan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, Minggu (16/4/2023).

Selain jalur tersebut, ada juga di depan Pasar Ir Soekarno (Sukoharjo Kota) dan Pasar Nguter. Jalur-jalur itulah yang diprediksi rawan macet selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Terkait jalur Sanggung, Toni mengaku masuk menjadi titik rawan macet karena Tol Solo-Yogyakarta akan difungsionalkan sepanjang 6 km. Padalnya, exit jalan tol tersebut ada di sekitar Sawit (Boyolali) dan Sanggung, Gatak, Sukoharjo.

“Karena itu kami bersama dengan instansi terkait dalam hal ini Satlantas Porles Sukoharjo sudah melakukan upaya rekayasa lalu lintas nantinya,” ujar Toni.

Sebelumnya, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan bahwa Polres Sukoharjo membangun empat Pospam Lebaran 2023. Empat pospam tersebut berada di Bulakrejo, Grogol, Bundaran Pandawa Grogol, simpang tiga Kartasura, dan di Sanggung Gatak.

“Untuk Pospam di Sanggung Gatak merupakan pospam terpadu dengan Polres Boyolali dan Klaten sebagai antisipasi difungsionalkannya jalan tol Solo-Yogyakarta,” ungkap Kapolres. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar