Fungsi Protein Untuk Tubuh Anda

Manfaat protein untuk tubuh. (Foto: ucla health)

Sukoharjonews.com – Protein adalah salah satu kelompok molekul kompleks yang melakukan semua jenis pekerjaan di tubuh Anda. Mereka membentuk rambut, kuku, tulang, dan otot Anda. Singkatnya, protein adalah salah satu blok bangunan yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Dikutip dari WebMD, pada Rabu (12/4/2023), protein memberi bentuk pada jaringan dan organ dan juga membantu mereka bekerja sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, simak penjelasan fungsi protejn untuk tubuh berikut:

1. Penguat tulang
Studi menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah protein yang tepat dalam diet Anda meningkatkan kesehatan tulang Anda. Ini menurunkan kemungkinan osteoporosis (keropos tulang) dengan membantu Anda mempertahankan kepadatan tulang, dan membantu mencegah patah seiring bertambahnya usia.

2. Membakar lemak
Tingkat protein yang cukup tinggi dalam makanan Anda meningkatkan metabolisme Anda (tingkat penggunaan kalori oleh tubuh Anda). Ini berarti Anda membakar lebih banyak kalori sehari – bahkan saat istirahat – dibandingkan dengan diet rendah protein.

3. Pembangun otot
Anda membutuhkan protein untuk menjaga ukuran dan bentuk otot Anda. Saat Anda menurunkan berat badan, protein mencegah Anda kehilangan otot pada saat yang bersamaan. Jika Anda mengangkat beban untuk kekuatan, protein adalah kunci untuk membangun lebih banyak otot.

4. Energi darurat
Protein bukanlah pilihan pertama — atau bahkan kedua — tubuh Anda untuk mendapatkan energi. Peran itu disediakan untuk karbohidrat dan lemak. Tetapi ketika Anda kehabisan kalori, atau jika Anda seorang atlet yang serius, berterima kasihlah pada protein karena membuat Anda melewati titik simpanan energi normal.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Protein terbuat dari asam amino. Senyawa ini membantu mengubah pemain kunci dalam sistem kekebalan Anda – sel T, sel B, dan antibodi – menjadi pejuang kuman yang melihat dan membunuh sel berbahaya yang masuk ke tubuh Anda sebelum mereka dapat memulai infeksi.

6. Memindahkan nutrisi
Jika Anda menganggap aliran darah Anda sebagai saluran, protein adalah kapal kargo yang membawa vitamin, mineral, gula, kolesterol, dan oksigen melaluinya dan masuk ke sel dan jaringan yang membutuhkannya untuk bekerja. Beberapa protein bahkan menyimpan nutrisi tertentu, seperti zat besi, sehingga Anda memiliki persediaan cadangan saat Anda membutuhkannya.

7. Menyembuhkan cedera
Ada alasan mengapa protein disebut bahan penyusun jaringan dan organ tubuh Anda. Ini memperkuat perbaikan luka lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan menciptakan jaringan baru di lokasi cedera.

Protein datang dalam berbagai bentuk. Raih sumber sehat dan rendah lemak. Jauhi lemak jenuh dan pilihan olahan. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar