Filosofi Sisu, Rahasia Hidup Bahagia Ala Masyarakat Finlandia

ahasia hidup bahagia ala masyarakat Finlandia. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com -Negara Nordik dikenal dengan tingginya tingkat kebahagiaan masyarakatnya. Menurut UN’s World Happiness Report, negara Nordik mendapat skor tinggi di enam variabel kesejahteraan, yaitu pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup, dukungan sosial, dan kemurahan hati. Salah satu negara yang termasuk ke dalam negara Nordik adalah Finlandian.

Dilansir dari Country Living, Rabu (19/7/2023), masyarakat Finlandia memiliki kebahagiaan pada seni rupa dan banyak orang percaya itu berkat konsep filosofi sisu yang selama ini mereka yakini. Filosofi sisu menggambarkan keberanian bawaan, integritas, ketahanan, keuletan dan penolakan untuk menyerah. Singkatnya, sisu adalah kekuatan batin.

Pengertian Sisu
Secara etimologis, sisu berasal dari akar kata bahasa Finlandia yang menyiratkan batin atau di dalam. Inilah salah satu alasan mengapa sisu kadang-kadang diterjemahkan sebagai keberanian atau kekuatan batin.

Universitas Finlandia mengatakan bahwa sisu memiliki makna mistis. Sisu bukanlah keberanian sesaat, tetapi kemampuan untuk mempertahankan keberanian itu.

Sisu adalah karakteristik yang melekat pada orang Finlandia yang dianggap sebagai tulang punggung, keberanian, stamina, atau dorongan dan ketekunan. Itu adalah ukuran integritas yang melampaui kesulitan dan bertahan sampai akhir. Sisu merupakan karakteristik penting yang dapat membantu kita semua menghadapi banyak cobaan dan kesengsaraan kehidupan modern.

Ikatan Filosofi Sisu dengan Kehidupan Sehari-Hari
Penulis buku Sisu: The Finnish Art of Courage, Joanna Nylund, mengatakan sisu ada dalam jangkauan semua orang dan itu ada di dalam diri kita. Buku Sisu: The Finnish Art of Courage menjelaskan bagaimana sisu seperti filosofi hidup dan berperan dalam mengarungi kehidupan sehari-hari yang seimbang dan juga saat menghadapi tantangan, sebagaimana kita berada di dunia saat ini.

Joanna menjelaskan bagaimana kita dapat menggunakan sisu sebagai dasar untuk hidup sehat, alat yang menenangkan, cara untuk mencapai tujuan, dan pada akhirnya membantu kita meningkatkan kesejahteraan dan menemukan kebahagiaan.

Sebagian besar cara hidup orang Finlandia menggunakan filosofi sisu dan kita dapat menirunya dengan mengikuti jejak mereka dalam kecintaan mereka pada alam, kemampuan mereka untuk memanfaatkan situasi apa pun sebaik-baiknya, dan mencoba bersenang-senang.

Cara Menerapkan Filosofi Sisu dalam Kehidupan Sehari-Hari
Tingkat stres yang semakin tinggi seiring berjalannya waktu membuat kita semakin sulit untuk mendapatkan kebahagiaan. Seperti filosofi kebahagiaan lainnya, kita juga bisa menerapkan filosofi sisu dalam kehidupan kita dengan melakukan 5 cara berikut ini.

Terhubung dengan Alam
Hubungan dengan alam adalah bagian dari jiwa masyarakat Finlandia yang telah ditanamkan sejak usia dini di sekolah dengan banyak menekankan pada permainan dan alam terbuka. Jika kita bekerja dari rumah, istirahatlah secara teratur untuk pergi keluar dan menikmati langit biru, mengamati burung di taman, atau sekadar menghirup udara segar untuk meningkatkan kesehatan kamu.

Jika kita tidak memiliki taman, pindahkan meja kerja ke jendela atau tempat yang terkena sinar matahari di rumah. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat produktivitas dan menenangkan pikiran.

Merangkul Kesunyian
Finlandia dikenal sebagai negara yang santai dan tenang dengan 80 persen wilayahnya terdiri dari hutan yang tenang. Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa paparan suara keras secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan adrenalin. Saat kita di rumah, cobalah untuk menikmati keheningan setiap hari meskipun hanya selama 10 menit.

Rajin Membaca Buku
Berkali-kali, penelitian telah menunjukkan bagaimana membaca memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan fisik. Finlandia termasuk di antara beberapa pengguna perpustakaan umum yang paling produktif di dunia. Jadi, mulailah untuk membaca jenis buku yang paling disukai.

Menyeimbangkan Kehidupan Kerja
Setelah waktu kerja selesai, orang Finlandia cenderung benar-benar menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai waktu. Mereka tidak pernah membawa pekerjaan mereka ke rumah karena menurut mereka, sangat penting untuk menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan sehari-hari.

Mereka selalu meluangkan waktu dengan keluarga, menonton TV, bermain game, membaca, crafting, melukis, atau apapun yang membuat mereka bahagia.

Memiliki Waktu Sendiri
Menyendiri tidak selalu memiliki makna negatif, lho! Memiliki waktu sendiri adalah bagian penting dari sisu. Ritual sauna Finlandia terkenal membantu mengatur ulang, memulihkan, dan memusatkan kembali pikiran dan tubuh. Mengapa tidak mencobanya di rumah dengan berendam yang diisi dengan minyak mandi yang merevitalisasi atau menenangkan?

Tidak heran, jika Finlandia selalu dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Beberapa alasan yang membuat Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia diantaranya memiliki lalu lintas yang lancar, tingkat kriminalitas yang rendah, santai dalam menikmati hidup, serta memiliki standar pendidikan dan kesehatan yang tinggi. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar