Fakta Menarik Mentega yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Fakta menarik dari mentega.(Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Mentega merupakan produk susu yang dibuat dari krim susu atau lemak hewani yang diaduk. Biasanya terbuat dari susu sapi, meskipun ada pula yang terbuat dari susu domba atau kambing. Mentega memiliki posisi yang penting saat Anda ingin memasak kue atau biskuit sebagai teman cemilan di rumah. Keberadaannya tidak bisa dihilangkan dan digantikan jika menginginkan hasil terbaik ketika memasak.


Dikutip dari Young On Top, pada Kamis (27/6/2024), berikut fakta menarik dari mentaga yang tidak banyak orang ketahui:

1. Kandungan Lemak
Mentega punya kandungan lemak sekitar 80%. Ini yang bikin mentega jadi lembut dan gampang meleleh di suhu kamar.

2. Proses Pembuatannya
Mentega dibuat dari krim yang dikocok sampai terpisah jadi padatan (mentega) dan cairan (buttermilk). Proses ini disebut churning.


3. Asal Usul Mentega
Mentega udah ada sejak ribuan tahun lalu! Bangsa Sumeria di Mesopotamia lah yang pertama kali bikin mentega sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi.

4. Warna Mentega
Warna mentega bisa berubah-ubah tergantung makanan yang dimakan sapi. Kalau sapi makan rumput segar, mentega biasanya berwarna lebih kuning.

5. Mentega vs Margarin
Banyak yang bingung antara mentega dan margarin. Mentega terbuat dari lemak hewan (susu sapi), sementara margarin terbuat dari lemak nabati (minyak tumbuhan).


6. Varian Mentega
Ada banyak varian mentega, seperti mentega asin, mentega tawar, dan mentega yang udah dibumbui. Anda bisa pilih sesuai selera dan kebutuhan masakan Anda

7. Pengganti Mentega
Kalau Anda kehabisan mentega, Anda bisa pake minyak zaitun, minyak kelapa, atau bahkan yogurt sebagai penggantinya dalam beberapa resep.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *