Fakta Gizi Mie Shirataki dan Manfaat Kesehatan

Manfaat mie shirataki.(Foto:eatungwell)

Sukoharjonews.com -Mie shirataki adalah alternatif pasta jika Anda mengikuti diet rendah karbohidrat atau bebas gluten. Meskipun rasa dan teksturnya tidak sama persis dengan pasta biasa (seperti agar-agar dan sebagian besar tidak berasa), rasa dan teksturnya bisa menyerupai saus apa pun yang Anda siapkan. Mereka juga merupakan sumber serat glukomanan.


Dilansir dari Verywell Fit, Rabu (14/8/2024), mie shirataki terbuat dari umbi tanaman Asia ( Amorphophallus konjac ) yang disebut tanaman konjak, ubi konjak, atau ubi gajah . Umbi dikeringkan dan digiling untuk dijadikan tepung . Di Asia, tepung ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membuat mie, tahu , dan makanan ringan, serta obat-obatan tradisional Tiongkok.

Fakta Gizi Mie Shirataki
Informasi nutrisi untuk 4 ons mie shirataki (112g) berikut disediakan oleh USDA.

Kalori : 10
Lemak : 0g
Natrium : 0g
Karbohidrat : 3g
Serat : 3g
Gula : 0 gram
Protein : 0 gram

Karbohidrat
Dengan sedikit karbohidrat per porsi (semuanya berasal dari serat ), mie shirataki menjadi pilihan bagi orang yang ingin mengikuti diet rendah karbohidrat namun tetap ingin makan pasta . Mereka mengandung jenis serat larut bermanfaat yang disebut glukomanan yang tidak dicerna di usus kecil. Dengan hampir tidak ada karbohidrat yang dapat digunakan , mie shirataki tidak menyebabkan kenaikan gula darah dan memiliki indeks glikemik 0.

Lemak
Mie Shirataki secara alami bebas lemak.

Protein
Mie shirataki tidak mengandung protein apa pun , jadi Anda perlu mendapatkan protein dari sumber lain. Beberapa produsen menawarkan mie shirataki yang dibuat dengan tahu, yang menambahkan sedikit protein dan juga karbohidrat.


Vitamin dan Mineral
Selain sejumlah kecil kalsium (20 miligram per porsi 4 ons), mie shirataki tidak menyediakan zat gizi mikro.

Kalori
Mie Shirataki memiliki 10 kalori dalam porsi 4 ons, semuanya berasal dari karbohidrat berbasis serat.

Manfaat Kesehatan Mie Shirataki
Mie Shirataki hampir tidak memiliki kalori, karbohidrat, lemak, gula, atau protein. Mereka bebas gluten dan vegan . Secara umum, manfaat kesehatan dari mie shirataki disebabkan oleh serat glukomanan yang dikandungnya. Serat secara umum diketahui membantu menurunkan kolesterol , mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Meningkatkan Rasa kenyang
Glukomanan adalah serat larut yang membengkak berkali-kali lipat volume aslinya bila dikombinasikan dengan air. Ini membentuk massa seperti gel di saluran pencernaan Anda yang mungkin membantu Anda merasa kenyang setelah makan dan bisa menahan makanan di perut Anda lebih lama.

Dapat Membantu Mengurangi Kolesterol
Serat larut dalam mie glukomanan dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung.

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian tidak meyakinkan mengenai apakah glukomanan mempengaruhi penurunan berat badan. 5 Demikian pula, terdapat beragam bukti mengenai efektivitas glukomanan untuk mengobati sembelit, terutama pada anak-anak, seperti yang dilaporkan dalam sebuah penelitian.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *