Fakta Gizi Kecipir yang Jarang Orang Tahu

Manfaat gizi kecipir.(Foto: full pf plants)

Sukoharjonews.com – Kecipir adalah salah satu kacang-kacangan serbaguna yang berasal dari daerah tropis. Tanaman ini merupakan tanaman pemanjat dalam famili Fabaceae dan berkerabat dekat dengan kacang polong. Nama ilmiahnya adalah Psophocarpus tetragonolobus yang berasal dari polong buahnya yang berdaging dan bersudut empat.

Dilansir dari nutrition and you, Rabu (24/4/2024), kecipir merupakan salah satu jenis tanaman tersendiri karena hampir seluruh bagian tanaman termasuk polong yang belum matang, biji yang matang, daun dan pucuk yang empuk, bunga, dan umbi-umbian digunakan dalam masakan Asia Timur.

Kecipir adalah tanaman merambat tahunan yang melilit. Tumbuh dengan dukungan teralis hingga panjang sekitar 5 meter. Tumbuh paling baik di daerah tropis yang panas dan lembap, digantikan oleh sinar matahari yang pendek, kelembapan yang cukup, dan tanah lempung berpasir yang memiliki drainase yang baik. Setelah sekitar 45 hari tanam, bunganya berwarna putih, merah muda, atau biru muda muncul berduri. Polong berbentuk sayap memanjang muncul segera sekitar 60 hari setelah tanam. Polongnya memiliki tepi berenda di keempat sisinya dan biji berbentuk bulat hingga oval di dalamnya.

Manfaat kecipir untuk kesehatan
1. Polong kecipir yang empuk dan belum matang merupakan salah satu sayuran yang sangat rendah kalori; 100 g kacang hanya mengandung 49 kalori. Namun, biji kecipir dewasa memiliki 409 kalori per 100 g dan memiliki kandungan protein yang relatif tinggi setara dengan protein kedelai.

2. Kacang polong segar dan muda adalah salah satu sumber folat terbaik . 100 g kacang menyediakan 66 µg atau 16,5% dari kebutuhan folat harian. Folat, bersama dengan vitamin B-12, merupakan salah satu komponen penting dalam sintesis DNA dan pembelahan sel. Folat yang cukup dalam makanan sekitar pembuahan dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

3. Kecipir segar mengandung cukup banyak vitamin C. 100 g kacang polong menyediakan 18,3 mg, atau 31% vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, dan bila diberikan dalam jumlah yang cukup dalam makanan, akan membantu membangun kekebalan terhadap infeksi. , menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menawarkan perlindungan terhadap kanker.

4. Selain itu, kecipir juga menyediakan mineral dan vitamin dalam jumlah yang cukup. Beberapa mineral penting seperti zat besi, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, dan magnesium terkonsentrasi di dalamnya. Mangan digunakan dalam tubuh manusia sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan kuat, superoksida dismutase.

5. Thiamin, piridoksin (vitamin B-6), niasin, dan riboflavin adalah beberapa vitamin B kompleks yang tertanam dalam kacang ini.

6. Daun kecipir , digunakan sebagai sayuran hijau, merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin A, dan mineral yang sangat baik. 100 g daun segar menyediakan 45 mg vitamin C (75% dari nilai harian yang direkomendasikan) dan 8090 IU vitamin A (270% dari RDA). (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar