Etik Suryani-Agus Santosa (EA) Nomor 1, Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Joswi) Nomor 2

Paslon Etik Suryani-Agus Santosa mendapat nomor 1, paslon Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa mendapat nomor 2 dalam Pleno KPU, Kamis (24/9/2020).

Sukoharjonews.com (Grogol) – KPU Sukoharjo menggelar Rapat Pleno Terbuka pengundian dan penetapan momor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati. Acara digelar di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol, Kamis (24/9/2020). Dalam pengundian, pasangan EA mendapatkan nomor 1 dan pasangan Joswi mendapatkan nomor 2. Sebelum pengambilan nomor urut, terlebih dahulu KPU mengundi untuk menentukan pasangan siapa yang mengambil undian nomor urut kali pertama.



“Ada perbedaan dalam penyelenggaraan pengundian dan penetapan momor urut karena ada PKPU baru yang kami terima pukul 01.00 WIB dini hari tadi terkait dengan undangan,” jelas Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Menurutnya, sebelumnya KPU mengacu pada PKPU Nomor 10 tahun 2020 terkait aturan mengenai undangan. Nah, dini hari tadi KPU menerima PKPU No 13 tahun 2020 yang mengatur peserta rapat pleno pengundian nomor urut hanya paslon, “liaison officer” (LO) dan dua Bawaslu. Sehingga, KPU harus berkoodinasi dengan semua pihak karena sebelumnya undangan sudah disebarkan.

“Meski acara agak terlambat karena harus koordinasi dulu, alhamdullilah semua pihak bisa menerima sehingga acara bisa digelar dan berjalan lancar,” ujarnya.

Soal teknis pengundian, Nuril mengaku diawali pengundian untuk menentukan siapa pasangan yang pertama kali mengambil nomor urut. Untuk undian pertama, KPU menyiapkan 10 nomor dalam toples dan kesempatan itu diambil oleh calon wakil bupati. Karena paslon Joswi hadir pertama maka mendapatkan kesempatan mengambilp pertama kali. Wiwaha Aji Santosa mendapatka nomor 6 sedangkan Agus Santosa mendapat nomor 1.

Karena pasangan EA mendapat nomor 1 dalam undian pertama maka berhak mengambil undian nomor urut pertama kali. Untuk undian nomor urut, KPU hanya menyiapkan dua nomor dan kesempatan pertama mengambil terlebih dahulu adalah pasangan EA. Nah, dalam undian nomor urut yang diambil oleh Etik Suryani, pasangan EA mendapatkan nomor 1 dan Joswi mendapat nomor 2.

“Setelah pengundian ini langsung kami umumkan pada masyarakat selama dua hari. Setelah itu dilanjutkan dengan masa kampanye mulai 26 September hari pertama kampanye diisi dengan dekralasi kampanye damai,” jelas Nuril. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *