Endah Laras Ciptakan Lagu Khusus untuk Hari Jadi Pura Mangkunegaran Ke-266

Endah Laras bernyanyi bersama Woro Mustiko.

Sukoharjonews.com – Festival Kuliner dan Musik Laras Hati Mangkunegaran, digelar pada Minggu (12/3/2023) di lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran. Seperti yang telah diketahui, acara Laras Hati Mangkunegaran ini digelar untuk memperingati hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran ke-266.


Beberapa penyanyi juga diketahui ikut memeriahkan acara ini. Antara lain RAN, Marion Jola, Vina Panduwinata, Briggita Hardi, Tribute to Didi Kempot, Diskoria, dan penyanyi legend kroncong asal Solo, Endah Laras.

Endah Laras memeriahkan acara ini dengan membawakan beberapa lagu diantaranya suka-suka, srengenge dan lagu Lancaran Solo Bersemi, ciptaan Ki Anom Suroto. Dalam kesempatan ini, ia juga ditemani oleh Woro Mustiko. Selain itu, Endah Laras mengatakan bahwa dirinya telah menciptakan lagu khusus untuk perayaan hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 ini.


“Aku mau kita bareng-bareng nyanyi ya, ini aku ciptain lagu khusus untuk hari jadi pura mangkunegaran ini. Lagu ini juga aku ciptakan pas setelah konfrensi pers kemarin waktu ketemu sama gusti” jelasnya.

Berikut lirik lagu ciptaan Endah Laras khusus untuk hari jadi Pura Mangkunegaran

Puro Mangkunegaran
Endah tenan mapan ing kutha sala
Wuwit jaman mbiyen mula
Gawe bombong nusa bangsa

Kanjeng Gusti ngayomi
Para warga sentono nora keri
Guyup rukun anyawiji
Murih kucaraning nagri

Museum kang edi peni
Tinata rapi tan nguciwani
Swara gamelan yen wus ngumandang
Ayem tentrem pikir lerem yen kepireng


Langen lraja gawe rena
Pamedan jembar kanggo acara
Reksa Pustama minterke bangsa
Pracima Tuin….
Gumebyar agawe bingar

Puro Mangkunegaran
Endah tenan elok tenan
Ayo kanca podo dolan
Neng Puro Mangkunegaran

2 Maret 23, Bu EL


Sementara itu, menurut Sri Paduka Mangkoenagoro X, kesuksesan Pura Mangkunegaran bertahan selama 266 tahun sejak didirikan pada 1757, tidak terlepas dari dukungan segenap masyarakat Kota Solo maupun masyarakat Jawa dan Indonesia. “Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran adalah perayaan kita bersama,” katanya.

Ketua Penyelenggara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran, Marah Andikha, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran ini sukses diselenggarakan dengan memadukan artis lintas generasi ke atas panggung. “Penyelenggaraan event ini bukan hanya untuk menghibur para penonton, juga sebagai ruang bagi UMKM untuk bangkit setelah pandemi Covid-19,” ujarnya. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *