Eminem Geser Taylor Swift di Chart Album Billboard 200 dengan ‘The Death of Slim Shady (Coup de Grâce)’

Eminem. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Taylor Swift akhirnya terjatuh, Eminem kini memegang posisi No. 1 di Billboard 200, menggeser “The Tortured Poets Department” untuk pertama kalinya sejak dirilis pada bulan April.

Dikutip dari Variety, Rabu (24/7/2024), “The Death of Slim Shady (Coup de Grâce),” yang merupakan album ke-12 Eminem, berada di puncak tangga lagu semua genre dengan jumlah setara dengan 281.000 unit album di Amerika Serikat. Itu juga mencatat 220 juta streaming dan 114.000 penjualan, menurut data Luminate.

Eminem pertama kali mengumumkan “Death” selama NFL Draft pada bulan April, dan kemudian menerbitkan obituari di Detroit Free Press yang menawarkan kata perpisahan kepada Slim Shady, alter ego sepanjang kariernya yang ia mainkan sebagai karakter dalam lagu dan videonya. LP tersebut adalah rekaman pertama Eminem sejak “Music to Be Murdered By”, yang dirilis pada Januari 2020.

“Death” adalah album ke-11 Eminem yang mencapai No. 1, sosok yang membuatnya setara dengan Bruce Springsteen, Barbra Streisand dan Ye (Kanye West).

Sementara itu, “The Tortured Poets Department” karya Swift merosot ke posisi No. 4 setelah memecahkan rekor berturut-turut selama 12 minggu di No. 1. Ia menempati posisi teratas dengan ketersediaan varian yang tak tertandingi — beberapa versi vinil, CD, atau kaset berbeda dari album atau EP yang sudah dirilis — yang dirilis dalam beberapa minggu.

Pendekatan tersebut menjadi topik yang sedang hangat di industri musik, karena menurut laporan pertengahan tahun 2024 dari Luminate Data, 10 besar musik Amerika masuk dalam peringkat teratas, album fisik tahun 2024 rata-rata memuat tujuh varian vinil berbeda.

Enhypen mencetak album dengan penjualan tertinggi minggu ini dengan “Romance: Untold” menghasilkan 2.117.000 penjualan di 17 varian CD yang berbeda. “Romance” dibuka di No. 2, menjadi album dengan charting tertinggi grup K-pop yang pernah ada, dan album 10 teratas keempat. Album sembilan lagu dibuka dengan perolehan 124.000 unit album setara dan hampir 10 juta streaming.

Yang juga baru dalam Top 10 minggu ini adalah Clairo, yang mencetak album dengan charting tertinggi yang pernah ada, dan top 10 pertamanya, saat “Charm” masuk dalam daftar di No. 10. 8 dengan perolehan 47.000 unit album setara. Ini memulai debutnya dengan penjualan mengejutkan sebanyak 32.000 unit dalam varian vinil dan set kotak deluxe.

Megan Moroney juga mendapatkan album 10 teratas pertamanya di Billboard 200 dengan album keduanya. “Am I Okay?” 9 dengan 43.000 unit di minggu pertama.

“The Great American Bar Scene” karya Zach Bryan berada di No. 3 dan merupakan album kedua yang paling banyak diputar minggu ini setelah Eminem. “One Thing at a Time” karya Morgan Wallen berada di No. 5, “Hit Me Hard and Soft” milik Billie Eilish berada di No. 6 dan “The Rise and Fall of a Midwest Princess” karya Chappell Roan berada di No. 7. Yang melengkapi 10 Besar adalah “Stick Season” karya Noah Kahan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar