Eksim: 5 Pengobatan Rumahan yang Ampuh dan Patut Dicoba

Pengobatan saat eksim.(Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Eksim atau dermatitis atopik adalah kelainan kulit kronis umum yang dapat mengakibatkan infeksi berulang jika tidak diobati. Kondisi ini membuat kulit Anda kering, gatal, dan meradang. Kondisi ini muncul sebagai bercak atau benjolan merah bersisik, dan terkadang dapat kambuh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal StatPearls . Eksim tidak menular dan tidak ada obatnya, tetapi ada pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi rasa gatal dan ketidaknyamanan. Kondisi ini terutama umum terjadi pada anak kecil tetapi dapat menyerang orang dari segala usia.


Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (14/7/2024), gejala eksim dapat diatasi dengan beberapa pengobatan rumahan, termasuk:

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa telah digunakan sebagai pelembap selama berabad-abad oleh masyarakat di wilayah tropis. Minyak kelapa berfungsi sebagai emolien dan antiperadangan yang dapat membantu mengatasi gejala dermatitis atopik , menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine.

2. Madu
Madu merupakan zat antibakteri dan antiradang alami yang telah digunakan untuk mengobati luka selama beberapa generasi, sebagaimana ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine . Madu juga diyakini dapat membantu menenangkan kulit Anda dari gejala eksim. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim tersebut.


3. Gel lidah buaya
Gel lidah buaya berasal dari daun tanaman lidah buaya. Gel ini mengandung efek antijamur, antibakteri, antivirus, dan antiradang. Gel lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti lichen planus, esofagitis, dermatitis akibat sengatan matahari atau radiasi, eksim, dan psoriasis, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pre-Clinical and Clinical Research.

4. Oatmeal koloid
Oatmeal koloid adalah oatmeal yang digiling halus dan dicampur dengan losion, krim, atau produk perawatan kulit lainnya. Oatmeal ini digunakan secara topikal untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Oatmeal koloid juga dapat menjadi obat yang baik untuk eksim. Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of Drugs of Dermatology menunjukkan bahwa krim oat koloid bekerja lebih baik daripada pelembap biasa untuk pasien eksim. Kelompok yang mendapatkan krim oat koloid 1 persen mengalami peningkatan keparahan gejala eksim sebesar 51 persen.

5. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh diekstrak dari daun pohon Melaleuca alternifolia. Orang-orang menggunakan minyak ini untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim. Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology , minyak ini mengandung efek antiradang, antibakteri, dan penyembuhan luka. Namun, tidak diketahui apakah minyak ini memiliki efek langsung dalam mengurangi gejala eksim atau tidak.


Madu, minyak kelapa, oatmeal koloid, dan minyak pohon teh merupakan obat rumahan yang efektif untuk eksim. Meskipun dapat meredakan gatal, kekeringan, dan iritasi, obat-obatan tersebut tidak akan menyembuhkan eksim. Jika gejalanya memburuk, segera hubungi dokter Anda. Selain itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat rumahan apa pun untuk eksim yang disebutkan di atas.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *