Warga Mampu Diimbau Gunakan Bright Gas

Stok brigt gas 5,5 kg masih minim karena jumlah peminat juga minim. Warga mampu diimbau tidak lagi menggunakan gas elpiji 3 kg.

Sukoharjonews.com – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) terus menggenjot penggunaan bright gas 5,5 kilogram (kg). Untuk itu, warga mampu diimbau tidak lagi menggunakan gas elpiji bersubsidi 3 kg. Pasalnya, gas elpiji 3 kg dikhususkan untuk warga miskin, bukan untuk warga menengah ke atas.

“Sasaran penggunakan bright gas memang warga menengah ke atas. Kalau gas elpiji 3 kg khusus untuk warga miskin,” jelas Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo, Jumat (13/10).

Lebih lanjut menurut Sutarmo, khusus untuk gas elpiji 3 kilogram, di Sukoharjo masih aman. Artinya, pasokan gas elpiji 3 kg dapat mmenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, pasokannya sudah ditas 28 ribu tabung per hari. Sesuai program pemerintah, gas elpiji 3 kg untuk masyarakat miskin dan bright gas 5,5 kilogram untuk masyarakat mampu atau menengah ke atas.

Terkait hal itu, dinas sudah melakukan sosialisasi dengan sasaran masyarakat, agen, pangkalan dan pengecer gas elpiji. Sampai saat ini, penggunaan gas elpiji 3 kg masih menjadi andalan masyarakat. Bahkan, penggunaanya dipakai masyarakat dari seluruh golongan baik miskin maupun mampu.

Agar peredaran bright gas terus meningkat, dinas akan meminta kepada agen, pangkalan dan pengecer memperbanyak stok bright gas 5,5 kg. Sebab, ke depan sangat dimungkinkan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pengetatan penjualan gas elpiji 3 kg. Pengetatan tersebut dimaksudkan agar pembeli gas 3 kg hanya dari masyarakat miskin.

“Kalau ada pembeli dari masyarakat mampu maka harus dilayani memakai bright gas 5,5 kg bukan lagi gas 3 kg. Jadi ada pengendalian,” lanjutnya.

Untuk saat ini, ujarnya, pemerintah khususnya di daerah baru sebatas memberikan imbauan. Pasalnya, belum ada kebijakan khusus mengenai kewajiban warga mampu menggunakan bright gas 5,5 kg. Jika sudah ada kebijakan khusus, tentunya juga terkait dengan penjualan gas 3 kg. (erlano putra).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *