Tingkatkan Mutu dan Daya Saing, Perajin Batik Didorong Ikuti Uji Kompetensi

Salah satu sentra batik di Sukoharjo ada di Dukuh Kedunggudel, Kelurahan Kenep, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kabupaten Sukoharjo dikenal sebagai salah satu daerah pusat industri batik. Dengan latar belakang tersebut, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para perajin akan produk batik yang dihasilkan semakin baik dan memiliki daya saing tinggi. Salah satu upayanya adalah dengan mendorong perajin untuk mengikuti uji kompetensi.



“Saat ini, dari sekitar 500 perajin batik yang terdata, baru 200 diantaranya yang sudah melakukan uji kompetensi. Untuk itu, kami terus mendorong perajin batik untuk uji kompetensi,” jelas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Kamis (25/10).

Menurut Sutarmo, pelaku industri UMKM terus diminta untuk melakukan berbagai upaya pengembangan baik terhadap jenis usahanya, SDM, maupun pemiliknya. Salah satu untuk mendorong peningkatan usaha bagi perajin batik madalah dengan memiliki sertifikat. Cara mendapatkannya dengan mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat.

Sutarmo mengaku, perajin batik sebagai pelaku UMKM di Sukoharjo mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Pasalnya, keberadaan para perajin tersebut mampu menjadi ikon daerah sekaligus menghidupkan roda ekonomi rakyat. Industri batik sendiri dalam menjalankan usahanya membutuhkan sejumlah orang pekerja. Selain itu, produk batik tersebut tidak hanya dijual di lokal Sukoharjo saja namun juga luar daerah.

“UMKM seperti batik tersebut mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah pengangguran,” ujarnya.

Selama ini, nama uji kompetensi bagi pelaku UMKM termasuk perajin batik di Sukoharjo masih asing. Sebab tidak banyak perajin yang ikut karena belum paham tentang kegiatan tersebut. Kalaupun ada maka petugas perlu melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Saat ini, ujar Sutarmo, dinas bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) batik telah menyelenggarakan uji kompetensi bagi pelaku UMKM khususnya perajin batik. Ada sekitar 100 perajin batik Sukoharjo yang ikut serta dan diharapkan setelah ini kreatifitas dan kemampuan akan meningkat. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments