Bulog Jamin Ketersediaan Stok Bahan Pangan Selama Ramadan dan Lebaran

Bulog menjamin stok beras aman untuk beberapa bulan ke depan.

Sukoharjonews.com (Grogol) – Memasuki bulan Ramadan, Bulog menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok pangan. Termasuk stok beras selama Lebaran nanti. Bahkan, Bulog juga siap jika sewaktu-waktu Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM akan menggelar operasi pasar jika terjadi lonjakan harga. Khusus untuk beras, Bulog Telukan menjamin stok aman untuk enam bulan ke depan.



Kepala Gudang Bulog Telukan, Grogol, Sukoharjo Wisnu Sancoyo mengatakan, sudah ada instruksi dari pusat untuk memberikan jaminan pada masyarakat berkaitan dengan pemenuhan barang kebutuhan pokok khususnya pangan. Bulog Telukan, Grogol juga telah berkoordinasi dengan petugas dari instansi terkait dengan melakukan pemantauan bersama disejumlah pasar tradisional.

“Pemantauan dimaksudkan untuk pengecekan bersama stok dan harga barang kebutuhan pokok pangan di pasaran. Apabila ditemukan masalah maka akan dilakukan penanganan secara bersama, baik dalam bentuk penambahan distribusi ke pedagang maupun operasi pasar,” ungkapnya, Jumat (25/5).

Menurutnya, hasil pemantauan bersama pada awal Ramadan petugas belum menemukan adanya masalah di pasaran. Artinya stok barang kebutuhan pokok pangan di pedagang masih melimpah dan harga terjangkau masyarakat. Wisnu mengaku pantauan dilakukan hingga ke pedagang paling bawah yakni beberapa warung kelontong dan toko tradisional dan juga pasar tradisional.

Dikatakan Wisnu, harga dan stok barang kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng masih aman. Tidak ada lonjakan harga signifikan sampai menyebabkan keresahan masyarakat. “Apabila diperlukan maka Bulog Telukan siap menggelar operasi pasar. Tapi, dengan catatan dalam kondisi dimana memang barang langka dan harga naik signifikan,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, ujarnya, Bulog bersama instansi terkait pernah melakukan operasi pasar di disejumlah pasar tradisional. Hal itu dilakukan ketika harga beras mengalami lonjakan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *