Efek Samping Kekurangan Testosteron

Efek samping kekurangan testosteron. (Foto: yesdok)

Sukoharjonews.com – Testosteron adalah hormon yang penting pada pria yang diproduksi di testis. Hormon ini punya pengaruh yang besar mulai dari penampilan pria, perkembangan seksual, produksi sperma, dan dorongan seksual.


Penurunan kadar testosteron dimulai pada usia 30 tahun dan terus berlanjut seiring bertambahnya usia. Hal ini lama kelamaan mengakibatkan tubuh kekurangan hormon testosteron. Dikutip dari WebMD, pada Jumat (26/5/2023), berikut efek samping kekurangan testosteron:

1. Perubahan dalam Kehidupan Seks
Penurunan gairah seks Anda bisa disebabkan oleh testosteron yang rendah. Begitu juga dengan disfungsi ereksi. Testosteron rendah saja jarang menjadi satu-satunya alasan untuk ereksi yang lebih lemah dan lebih sedikit. Masalah medis lainnya bisa disalahkan, seperti penyakit jantung atau diabetes. Periksa dengan dokter Anda. Jika Anda memiliki kadar testosteron rendah, gairah seks Anda mungkin membaik dengan pengobatan.


2. Perubahan Suasana Hati
Testosteron rendah bisa membuat Anda sedih atau sampai pada titik kesedihan depresi. Untuk membantu, ambil langkah-langkah untuk meredakan stres. Cobalah meditasi, yoga, olahraga, atau pijat. Beberapa pria benar-benar melihat perubahan kepribadian. Sepertinya tidak ada lagi yang membuat mereka bahagia dan mereka tidak ingin melakukan hal-hal yang biasa mereka nikmati. Saat kadar testosteron kembali normal, pria sering mengatakan bahwa mereka merasa seperti diri mereka sendiri lagi.

3. Pemikiran Kabur
Testosteron rendah dapat merusak fokus mental dan ingatan Anda. Anda mungkin lupa apa yang Anda rencanakan dan sulit berkonsentrasi. Ini lebih sering terjadi ketika kadar testosteron sangat rendah.


4. Lebih Banyak Lemak di Tubuh
Anda tidak hanya bisa kehilangan otot dengan testosteron rendah, Anda juga bisa menambah lemak. Jika Anda tidak membangun otot dengan kalori yang Anda konsumsi dan aktivitas fisik yang Anda lakukan, maka tubuh Anda akan mengubah kalori menjadi lemak. Makan makanan yang sehat. Saat Anda mulai menurunkan berat badan dan kelebihan lemak tubuh dari diet, Anda mungkin kehilangan sebagian otot. Jika Anda kelebihan berat badan, makanlah makanan yang sehat untuk mengurangi kelebihan berat badan, terutama di bagian tengah. Tubuh Anda dapat membuat lebih banyak testosteron saat Anda menurunkan berat badan.


5. Kesulitan Tidur
Ketika kadar testosteron Anda rendah, Anda mungkin mengalami masalah insomnia dan kegelisahan di malam hari. Untuk membantu mendapatkan tidur malam yang nyenyak, lakukan rutinitas waktu tidur yang santai. Tidur dan bangun pada waktu yang sama, bahkan di akhir pekan. Jadikan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan nyaman, dan gunakan hanya untuk tidur dan seks.

6. Perubahan Otot
Karena testosteron membantu membangun otot, ketika menjadi rendah, begitu pula massa dan kekuatan otot Anda. Saat Anda berolahraga, Anda tidak melihat hasil yang biasanya Anda harapkan dari berolahraga. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar testosteron Anda. Pastikan untuk melatih kelompok otot yang besar saat berolahraga dan juga melakukan angkat beban. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *