Efek Samping Durian Bagi Kesehatan Jika Makan Terlalu Banyak

Efek terlalu banyak mengonsumsi durian berlebihan. (Foto: kbaone)

Sukoharjonews.com – Durian yang juga dikenal sebagai ‘Raja Buah’ sangat populer di negara-negara Asia Tenggara. Buah ini terkenal dengan baunya yang kuat – ada yang mungkin menyukainya, dan ada yang tidak menyukainya.

Dilansir dari Yolo foods, Sabtu (27/1/2024), durian merupakan buah yang memiliki bagian luar yang runcing dan keras. Bijinya sangat besar dengan daging bertekstur seperti puding dan mengeluarkan bau yang menyengat. Buah khusus ini biasanya ditanam di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Di Kuala Lumpur dan Selangor, Anda bisa menemukan durian di supermarket besar atau toko mandiri yang fokus menjual durian seperti Durian Hill, SS2 Durian House Stall, DurianMan, Durian Bear, dan Tip Top Durian.

Manfaat durian bagi kesehatan
Jika durian adalah buah favorit Anda, Anda pasti senang mengetahui banyak sekali manfaat durian! Di bawah ini adalah beberapa manfaat utama durian bagi kesehatan yang harus Anda ketahui agar Anda tidak merasa bersalah memakannya:

1. Menurunkan kadar gula darah
Durian kaya akan antioksidan seperti mangan yang dikenal dapat menjaga kadar gula darah. Makanya, mengonsumsi durian tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

2. Mengatur tekanan darah
Durian kaya akan potasium, yang penting untuk mengatur tingkat tekanan darah, sehingga mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal.

3. Mendukung kesehatan tulang
Nilai gizi durian cukup seimbang karena mengandung nutrisi seperti tembaga, zat besi, dan kalium. Zat besi khususnya membantu menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah risiko osteoporosis.

4. Membantu pencernaan
Karena durian mengandung gula alami yang akan difermentasi setelah terkena bakteri usus, hal ini akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Banyaknya serat yang terdapat pada durian akan mengatur pergerakan tinja.

5. Mencegah kulit mengalami penuaan
Durian juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang mengurangi munculnya kerutan dan pigmentasi yang membandel secara keseluruhan.

Efek samping terlalu banyak makan durian
Tentu saja, sama seperti makanan lain di dunia, makan durian terlalu banyak akan memiliki efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping durian yang umum:

Masalah pencernaan : Karena durian mengandung banyak serat, durian dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan kembung.
Reaksi alergi : Beberapa orang mungkin alergi terhadap durian. Jika dikonsumsi terlalu banyak, mereka mungkin mengalami gatal-gatal, muntah, atau pilek.
Sakit tenggorokan : Durian terkenal pedas. Jika Anda makan terlalu banyak, tenggorokan Anda akan menjadi kering dan serak.
Pertambahan berat badan : Berat badan Anda mungkin bertambah beberapa kg jika makan durian secara teratur karena kaya akan kalori.

Satu kg durian rata-rata mengandung 1.350 kalori, setara dengan total kalori normal orang dewasa dalam sehari. Rata-rata dua durian (243g) mengandung sekitar 350 kalori. Intinya, Anda akan makan sekitar satu setengah mangkuk nasi sekaligus.Biji durian kecil seberat 40g mengandung 56 kalori, dan biji durian besar seberat 80g mengandung 113 kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk makan sekitar 2 hingga 3 biji durian sehari (sekitar 168 hingga 339 kalori) untuk menjaga asupan kalori tetap terkendali.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar