Dukcapil Klaten Luncurkan Pandusakti, Cek Fungsi dan Peruntukannya Disini

Plt Kepala Dukcapil Klaten, Swi Winoto saat meluncurkan Pandusakti, Rabu (16/3/2022).

Sukoharjonews.com (Klaten) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Klaten meluncurkan program Pelayanan Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (Pandusakti), Rabu (16/3/2022). Dengan program tersebut, masyarakat yang melahirkan di rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan Dukcapil akan mendapatkan hadiah dokumen kependudukan lengkap. Seperti akta kelahiran anak, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK) baru.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Klaten, Plt Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto, saat peluncuran Pandusakti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras mengatakan, terhitung sudah ada dua rumah sakit yang bekerjasama dengan adanya Pandusakti. Masing-masing RSI Klaten dan RSUD Bagas Waras.

“Tadi kita serahkan produk dari kerjasama Pandusakti ini dimana ada tiga orang warga yang melahirkan hari ini di RSUD Bagas waras. Sudah kita serahkan akta kelahiran anaknya, KIA dan perubahan KK,” ujar Swi Winoto,

Menurutnya, hadiah dokumen kependudukan lengkap tersebut sebagai tindak lanjut kerjasama antara Dukcapil dengan RSUD Bagas Waras melalui Pandusakti. Dengan adanya Pandusakti, ujarnya, akan memudahkan masyarakat karena semuanya diurus langsung oleh rumah sakit secara gratis dan tidak ada biayanya.

“Masyarakat tinggal memberikan data, dokumen persyaratan, dan nama anak yang baru saja dilahirkan. Jadi, saat ibu dan anaknya pulang sudah membawa dokumen lengkap untuk anaknya yang baru lahir,” ungkapnya.

Sri Winoto juga mengatakan, Pandusakti akan dikembangkan kerjasama dengan rumah sakit di seluruh Kabupaten Klaten, rumah bersalin, dan ke depan akan didorong sampai ke bidan-bidan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar