Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Juara Murottal Irama Nahawand

SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Solo) – Dua Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo meraih juara dalam lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 yang digelar Perguruan Muhammadiyah Kota Solo di Aula Gedung Balai Muhammadiyah pada Rabu (12/1/2022). Kegiatan perlombaan diikuti siswa terpilih dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Muhammadiyah Kota Solo.



Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Sabtu (15/1/2022), Humas SMP Muhammadiyah PK Solo, Aryanto, mengatakan bahwa dua siswa yang menjadi delegasi SMP Muhammadiyah PK meraih juara dalam perlombaan Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 tingkat Muhammadiyah Kota Solo.

“Alhamdulillah, Billo Aurel Putra Denza, siswa kelas 8 meraih juara 2 kategori putra dan Keifa Fasaufi Anhari, kelas 8, meraih juara 1 kategori putri,” ujarnya.

Guru PAI di sekolah sekaligus pembina lomba, Ustaz Muhammad Arif Wicagsono, menjelaskan bahwa perlombaan tersebut dipersiapkan dengan sungguh-sungguh bahkan dari bulan sebelumnya. “Siswa kita pilih berdasarkan seleksi internal sekolah dan diperkenalkan dengan irama nahawand serta berlatih secara intensif,” kata Arif.

Karena lomba murottal yang dinilai salah satunya adalah kualitas suara, Ustaz Muhammad Arif memberikan treatment khusus kepada anak-anak untuk menjaga pola makan dan minum. Menurutnya, anak-anak diminta untuk menjaga pola makan dan diarahkan minum air putih hangat, air jahe, air jeruk, dan madu secara istiqomah.

Proses pembinaan juga dilakukan secara intensif meliputi membimbing dan menasihati dalam berlatih beberapa surat yang akan dilombakan. Setelah sholat fardu, para siswa juga berlatih membaca surat yang dilombakan seperti surat Ad Dhuha dan surat Al A’la.

Menurut Ustaz Muhammad Arif, irama nahawand adalah irama yang menyentuh hati. Irama tersebut memberikan ketenangan dalam membaca Alquran dan menunjang hafalan siswa. “Irama nada nahawand menjadi irama yang disepakati oleh Majelis Dikdasmen PDM Kota Solo untuk digunakan di sekolah Muhammadiyah se-Solo,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *