Dipercaya Dapat Mendetoksifikasi Tubuh, Simak Manfaat Lain dari Rebusan Air Daun Pandan Disini!

Manfaaf rebusan air pandan.(Foto:umsu)

Sukoharjonews.com – Daun pandan adalah tanaman tropis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki aroma khas yang sering dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan minuman.


Meskipun demikian, tidak banyak yang menyadari bahwa daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Air rebusan daun pandan seringkali diabaikan dan dibuang begitu saja. Dikutip dari Pyfa Health, pada Rabu (2/10/2024), berikut beberapa manfaat dari rebusan daun pandan:

1. Menstabilkan Tekanan Darah
Jika Anda mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi, Anda bisa merebus daun pandan hingga airnya tersisa sedikit. Perlu diingat, mengonsumsi air rebusan daun pandan hanya berfungsi sebagai pelengkap obat utama dari dokter.

2. Mendetoksifikasi Tubuh
Antioksidan merupakan kandungan yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh. Jika bosan dengan air lemon atau teh hijau, Anda bisa mencoba air rebusan daun pandan yang kaya akan antioksidan untuk melindungi organ-organ tubuh, terutama hati, dari radikal bebas yang merusak tubuh.


3. Menurunkan Risiko Kanker
Daun pandan sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, kanker merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, Anda perlu mengimbanginya dengan pengobatan dari dokter dan penerapan gaya hidup sehat.

4. Meredakan Sakit Rematik
Saat rematik kambuh, biasanya orang akan mengoleskan krim untuk mengobatinya. Namun, jika ingin mencoba cara yang alami, Anda bisa menggunakan daun pandan. Caranya, masukkan beberapa lembar daun pandan ke dalam rebusan minyak kelapa, lalu dinginkan terlebih dahulu, setelah itu oleskan ke bagian yang sakit.

5. Membantu Mengatasi Insomnia
Anda mengalami gejala insomnia yang mengganggu? Mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa menjadi solusi jika Anda tidak terlalu menyukai susu. Caranya, hirup aroma, lalu minum teh pandan secara perlahan agar tubuh Anda menjadi lebih tenang dan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga dapat meringankan gejala insomnia.


Daun pandan memiliki beragam kandungan yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, tiamin, dan beta karoten. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi rebusan daun pandan untuk mengobati penyakit tertentu atau menjaga kesehatan tubuh.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *