Dilihat Dari Ciri-Cirinya, Corona Delta Diduga Sudah Menyebar di Sukoharjo

Waspada virus corona.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Peningkatan kasus positif corona signifikan terjadi di Sukoharjo dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, dalam sehari kenaikan mencapai diatas 100 kasus. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menduga virus corona yang menyebar di Sukoharjo dalam beberapa waktu terakhir adalah varian corona delta.




“Sifatnya masih dugaan saja karena untuk memastikannya kami masih menunggu hasil Laboratorium UGM yang melakukan pemeriksaan virusnya,” ungkap Kepala DKK Sukoharjo yang juga Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut Yunia mengatakan, untuk pemeriksaan Laboratorium UGM diambil dari genom kasus warga yang pulang dari Malaysia beberapa waktu lalu. Namun, Yunia mengaku hingga saat ini belum keluar hasilnya. Yunia mengaku beberapa waktu lalu sudah dihubungi pihak laboratorium UGM terkait pemeriksaan genom tersebut, namun saat ini hasilnya belum diterima DKK.

Meski belum ada kepastian, lanjut Yunia, jika melihat ciri-ciri kasus yang ada di Sukoharjo, ada kecurigaan varian delta sudah masuk Sukoharjo. Hal itu merujuk pada cepatnya penularan kasus selama ini. Namun, Yunia kembali mengatakan belum bisa menyampaikan soal varial delta tersebut hingga ada hasil resminya.

Seperti diketahui, hingga update per 17 Juli 2021, akumulasi kasus positif corona di Sukoharjo mencapai 9.182 kasus. Terdiri dari 7.860 kasus sembuh dan selesai isoman, 606 kasus meninggal, dan 716 kasus aktif. Untuk 716 kasus aktif tersebut terdiri dari 595 isolasi mandiri, satu isolasi terpusat dan 120 rawat inap.

Yunia mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed