Dikenal dengan Baunya yang Tidak Sedap, Ternyata Ini Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan!

Khasiat buah mengkudu bagi kecantikan.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Sudah bukan rahasia bahwa mengkudu adalah buah yang dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah. Namun, di balik rasa dan penampilan yang kurang menarik, mengkudu ternyata menyimpan beragam khasiat yang dibutuhkan oleh perempuan.

Manfaat mengkudu bagi kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Mengkudu mengandung berbagai vitamin, mineral dan antioksidan. Kamu dapat mengonsumsi buah ini dalam bentuk jus atau diaplikasikan langsung sebagai masker wajah. Dikutip dari Dokteria, pada Sabtu (29/6/2024), berikut manfaat buah mengkudu untuk kecantikan:

1. Mengurangi kerutan dan penuaan dini
Antioksidan yang terkandung dalam buah mengkudu bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

2. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak
Buah mengkudu mengandung zat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak buah mengkudu.

3. Membantu mengatasi rambut rontok
Buah mengkudu juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Vitamin E bisa membantu menjaga kelembapan dan meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok.

4. Meningkatkan produksi kolagen
Buah mengkudu mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

Buah mengkudu memang memiliki banyak manfaat yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, sebelum mengonsumsinya, perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dengan buah ini dan ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan.

Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi buah mengkudu atau menggunakan produk perawatan yang mengandung ekstrak buah mengkudu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan Anda.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar