Diet Nordik, Pola Makan Sehat Ala Orang Skandinavia

Pola makan sehat ala orang Skandinavia. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Skandinavia adalah sebuah wilayah geografis di Eropa Utara yang terdiri dari tiga negara utama yaitu Swedia, Norwegia, dan Denmark. Terdapat juga beberapa wilayah kecil lainnya seperti Kepulauan Faroe dan Islandia yang kadang-kadang juga dianggap sebagai bagian dari Skandinavia.

Dilansir dari detikHealth, Selasa (23/5/2023), Skandinavia dikenal dengan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari sistem kesehatan dan pendidikan yang kuat, lingkungan yang bersih dan hijau, serta pola makan yang sehat dan bervariasi, pakar diet dari Academy of Nutrition and Dieteticts, Laura Wright mengatakan diet nordik bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga diabetes tipe 2.

Diet nordik adalah pola makan sehat yang berasal dari negara-negara Skandinavia. Pola makan ini sangat dikenal karena fokusnya pada penggunaan makanan segar dan alami yang berasal dari daerah tersebut. Diet nordik juga dikenal karena kandungan nutrisi yang sehat dan kaya akan antioksidan.

Salah satu ciri khas dari pola makan diet nordik adalah konsumsi ikan laut dan makanan laut lainnya. Ikan laut dan makanan laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Beberapa ikan laut yang sering dikonsumsi dalam pola makan nordik adalah salmon, ikan kod, haddock, udang.

Selain ikan laut, pola makan diet nordik juga menekankan konsumsi daging rendah lemak seperti ayam dan kalkun, dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis. Buah-buahan seperti apel, stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry juga sering dikonsumsi dalam pola makan ini.

Diet nordik memiliki persamaan dan diet mediterania, yang signifikan dalam pendekatan mereka terhadap makanan segar, alami, serta penekanan pada sayuran, buah-buahan, dan makanan laut. Pada diet mediterania menggunakan minyak zaitun, sedangkan pada diet nordik menggunakan minyak kanola yang biasa digunakan untuk masak. Keduanya merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolestrol baik, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Selain itu, pola makan diet nordik juga menekankan pada pengurangan konsumsi gula dan lemak jenuh. Gula tambahan seringkali diganti dengan madu atau sirop maple, konsumsi makanan olahan juga dihindari.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar