Didi Perkenalkan “Didi Neuron”: Konsep RoboTaxi dengan Lengan Robot

RoboTaxi “Didi Neuron”. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Raksasa ride-hailing China Didi Global baru-baru ini mengungkapkan mobil konsep robotaxi inovatifnya, “Didi Neuron,” di acara perusahaan virtual. Kendaraan futuristik ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penumpang dengan lengan robot yang dapat membantu membawa barang bawaan dan mengambil barang seperti botol air. Berikut detailnya…

Dilansir dari Gizmochina, Minggu (16/4/2023), Didi Autonomous Driving COO Meng Xing memamerkan kendaraan berwarna biru dan putih yang menarik, yang merupakan bagian dari rencana ambisius Didi untuk mengembangkan robotaxis mereka sendiri bekerja sama dengan produsen mobil lokal China. Tujuannya agar kendaraan otonom ini beroperasi dan terintegrasi ke dalam jaringan Didi pada tahun 2025.

Meng Xing menekankan komitmen Didi terhadap produksi lokal, dengan menyatakan, “Kami berharap mereka akan diproduksi di dalam negeri. Kami berharap rantai pasokan dapat dikendalikan, dan bahkan 90% komponen utama di dalamnya dapat diproduksi di dalam negeri.”

RoboTaxi “Didi Neuron”. (Foto: Gizmochina)

Mobil konsep Didi Neuron menghilangkan kebutuhan akan kursi pengemudi, menyediakan lebih banyak ruang bagi penumpang. Fitur yang paling khas, lengan robotik, menyoroti dedikasi Didi untuk menawarkan layanan yang inovatif dan nyaman. Perusahaan juga meluncurkan sensor lidar dan perangkat komputasi mobil di acara tersebut, yang menunjukkan kemajuan Didi dalam teknologi mengemudi otonom setelah hampir dua tahun mengatasi tantangan regulasi.

Perjalanan Didi menjadi kendaraan otonom dimulai pada 2016. Sejak saat itu, unit AV mereka telah menarik investasi signifikan dari perusahaan seperti IDG Capital dan Guotai Junan. Perusahaan saat ini menyediakan mobil self-driving di area tertentu di Shanghai dan Guangzhou melalui aplikasi utamanya, dengan pembuat mobil Swedia Volvo, yang dimiliki oleh Geely, memasok armada otonom Didi.

Namun, Didi menghadapi kendala regulasi dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, setelah perusahaan melanjutkan pencatatan saham AS yang bertentangan dengan keinginan regulator China, perusahaan tersebut menghadapi penyelidikan keamanan siber yang menyebabkan penghapusan 25 aplikasi selulernya dari toko aplikasi dan penangguhan pendaftaran pengguna baru.

Selanjutnya, Didi delisting dari New York dan menerima denda USD1,2 miliar atas pelanggaran keamanan data. Untungnya, perusahaan diizinkan untuk melanjutkan pendaftaran pengguna baru di bulan Januari. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar