Dibanderol Rp94,8 Juta per Porsi, Ini Es Krim Termahal di Dunia

Es krim termahal di dunia. (Foto : Instagram @1club.kr)

Sukoharjonews.com – Jika kamu memiliki cita rasa yang sangat mahal dan siap merogoh kocek dalam, kamu mungkin tertarik dengan salah satu es krim dari Jepang yang dinobatkan sebagai es krim termahal di dunia ini.

Dilansir dari Guinness World Records, Senin (10/7/2023), Guinness World Records memberikan gelar untuk makanan penutup yang disebut Byakuya, yang dibuat oleh merek es krim Cellato dan dihargai 6.305 USD per porsi atau setara dengan Rp94,8 juta.

“Es krim yang kaya dan lembut dengan dua jenis keju sebagai dasarnya dan truffle putih dengan aroma sensual dan unik,” tulis Cellato di website resmi mereka.

“Rasa manis yang samar yang indah memberi rasa dan aroma truffle putih yang kompleks. Sebagai penutup, truffle putih dan keju Parmigiano yang terlihat seperti salju ditempatkan dengan mewah dan didekorasi dengan daun emas,” tambah keterangan itu.

Alasan mengapa harga es krim ini begitu mahal karena penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi. Ada truffle putih yang bersumber dari Alba, Italia yang harganya ribuan dolar per pon, keju Parmigiano Reggiano yang mahal, dan ampas sake (residu yang dihasilkan selama fermentasi sake).

Selain itu, Cellato juga menyertakan sendok logam buatan tangan khusus untuk menikmati es krim termahal ini, seperti yang telah dilansir dari Mashable.

Cellato mengungkapkan bahwa mereka menyewa koki terkenal Tadayoshi Yamada, dari restoran RiVi Osaka yang berspesialisasi dalam masakan fusion, untuk mengembangkan es krim mewah yang memadukan bahan-bahan Eropa dan Jepang.

Orang-orang yang berhasil berpartisipasi dalam sesi mencicipi es krim tersebut di Cellato mengatakan bahwa mereka langsung disuguhkan dengan aroma truffle putih yang memenuhi mulut dan hidung mereka, yang diikuti oleh rasa kompleks dari keju Parmigiano Reggiano. Pengalaman mencicipi ini kemudian diakhiri dengan rasa ampas sake.

“Kami membutuhkan waktu lebih dari 1,5 tahun untuk berkembang, dengan banyak percobaan dan kesalahan untuk mendapatkan cita rasa yang tepat. Meraih gelar Guinness World Records membuat upaya tersebut sepadan,” kata perwakilan dari Cellato.

Saat ini, Byakuya hanya dijual di Jepang dan dapat dikirimkan langsung ke konsumen, dengan konsumen diminta untuk menuangkan truffle putih saat es krim melunak. Untuk rasa yang lebih mewah, perusahaan menyarankan agar es krim dipasangkan dengan sake atau anggur putih Prancis.

Byakuya bukan satu-satunya makanan penutup yang mahal di Cellato. Ada juga es krim lain yang disebut Starry Night, yang dibuat dengan truffle hitam, cokelat, dan yuzu juice. Makanan penutup ini dijual dengan harga sekitar 72 USD atau setara dengan Rp1,08 juta.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar