‘Deadpool & Wolverine’ Kampanye untuk Oscar, Termasuk Hugh Jackman untuk Aktor Pendukung dan Lainnya

Deadpool 3. (Foto: Variety)

‘Deadpool & Wolverine’. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Deadpool & Wolverine dari Marvel Studios berencana menambahkan beberapa penghargaan emas ke dalam box office kolosal musim penghargaan tahun ini. Halitu ingin meniru kesuksesan film aslinya pada tahun 2016, Disney bertekad untuk mendorong tontonan multiverse Ryan Reynolds dan Hugh Jackman ke dalam persaingan dengan kelompok penghargaan besar.

Dikutip dari Variety, Jumat (27/9/2024), film laris bernilai miliaran dolar karya Shawn Levy akan diajukan untuk dipertimbangkan di Golden Globes dalam kategori komedi, dengan penampilan Reynolds sebagai Wade Wilson, alias Deadpool, bersaing memperebutkan salah satu dari enam tempat dalam kategori aktor (komedi atau musikal).

Secara mengejutkan, kembalinya Jackman sebagai Logan alias Wolverine, akan diposisikan dalam perlombaan aktor pendukung di semua acara penghargaan utama, termasuk Golden Globes, Screen Actors Guild Awards, Critics Choice, dan bahkan Oscar, sebagaimana dikonfirmasi secara eksklusif oleh Variety.

Selain itu, film ini hampir dijamin mendapat tempat dalam kategori Prestasi Sinematik dan Box Office yang baru-baru ini diperkenalkan di Golden Globes. Ditambahkan pada tahun lalu, festival ini merayakan film-film yang mendapat pujian paling kritis dan terlaris pada tahun tersebut.

Hadiah perdana tahun lalu diberikan kepada film fenomenal bernilai miliaran dolar karya Greta Gerwig, “Barbie”, yang dinominasikan untuk delapan Oscar, termasuk film terbaik. Untuk memenuhi syarat dalam kategori ini, film harus menghasilkan pendapatan kotor setidaknya $150 juta, dengan $100 juta berasal dari AS, atau mencapai angka penayangan streaming digital sebanding yang diakui oleh standar industri.

“Deadpool” (2016) yang asli, disutradarai oleh pembuat film pertama kali Tim Miller, menjadi film favorit sekaligus sensasi box office, menghasilkan lebih dari USD780 juta di seluruh dunia. Film ini juga menjadi film dengan rating R terlaris pada saat itu, secara kebetulan diambil alih oleh entri Deadpool terbaru. Film ini memperoleh dua nominasi Golden Globe, termasuk film terbaik (musikal atau komedi) dan aktor terbaik untuk Reynolds.

Film tersebut juga diakui oleh serikat industri besar, termasuk Directors Guild of America untuk Sutradara Pertama Kali, Writers Guild of America untuk Skenario Adaptasi, dan Producers Guild of America untuk Film Terbaik. Film Levy sekali lagi terasa seperti kandidat kuat untuk masuk nominasi PGA karena guild tersebut sering meraih kesuksesan box office seperti “Top Gun: Maverick” (2022), “Knives Out” (2019), “Crazy Rich Asians” (2018) dan “Wanita Ajaib” (2017).

Reynolds, pemenang Emmy dua kali untuk serial realitas FX-nya “Welcome to Wrexham,” adalah salah satu bintang Hollywood yang paling bankable. Selain membintangi “Deadpool & Wolverine,” Reynolds juga memproduseri film tersebut bersama Levy, Kevin Feige, dan Lauren Shuler Donner. Dia ikut menulis skenario bersama Rhett Reese, Paul Wernick, dan Zeb Wells.

Secara kebetulan, Levy menerima nominasi Oscar pertamanya sebagai produser pada tahun yang sama dengan “Deadpool” pertama, tetapi untuk drama fiksi ilmiah “Arrival” yang dibintangi Denis Villeneuve. Feige menerima nominasi Oscar sebagai produser untuk film box office “Black Panther” (2018), yang kemudian membawa pulang tiga patung, termasuk kemenangan bersejarah bagi pengrajin kulit hitam Hannah Beachler (desain produksi) dan Ruth E. Carter (desain kostum ).

Jackman, salah satu aktor paling berprestasi di generasinya, membawa silsilah penghargaan yang mengesankan ke dalam resume-nya. Dengan Tony Award untuk “The Boy from Oz”, Emmy untuk pembawa acara Tonys ke-58, kemenangan Golden Globe, dan nominasi Oscar untuk “Les Misérables” (2012), serta Grammy untuk soundtrack “The Greatest Showman”, Jackman tidak asing dengan penghargaan.

Meskipun film superhero biasanya tidak mendominasi Oscar, para pemilih Globes dan SAG tidak segan-segan menerima pertunjukan genre tersebut, dengan nominasi sebelumnya seperti nominasi Globe Tom Cruise dalam “Tropic Thunder” (2008) dan nominasi SAG Javier Bardem dalam “Skyfall” (2012).

Deadpool & Wolverine juga menampilkan pemeran ansambel yang mencakup Emma Corrin, Morena Baccarin, Rob Delaney, Leslie Uggams, Aaron Stanford, dan Matthew Macfadyen. Film ini juga menampilkan penampilan kejutan dari bintang-bintang seperti Chris Evans, Wesley Snipes, Jennifer Garner dan Channing Tatum. Musim panas ini, film Marvel tersebut melampaui angka USD1 miliar di box office global, melampaui film sukses besar tahun 2019, Joker.

“Deadpool & Wolverine” hadir di platform digital, termasuk Prime Video dan Apple TV+, mulai 1 Oktober. Film ini juga akan dirilis dalam format 4K Blu-ray dan DVD pada 22 Oktober. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar